Riset Catat Gojek Jadi Ojol Pilihan Milenial

CNN Indonesia | Kamis, 11/07/2019 07:20 WIB
Riset Catat Gojek Jadi Ojol Pilihan Milenial Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Riset yang dilakukan oleh Alvara Research mencatat aplikasi transportasi daring Gojek lebih banyak digunakan oleh generasi milenial dibandingkan pesaingnya, Grab.

Riset bertajuk 'Perilaku dan Preferensi Konsumen Milenial Indonesia terhadap Aplikasi e-Commerce 2019' menemukan Gojek unggula di layanan transportasi dan pemesanan makanan. Sekitar 70,4 persen milenial biasa menggunakan Gojek, sementara 45,7 persen lainnya memilih Grab.

Untuk layanan pesan antar makan, Gofood mendominasi pasar karena jauh lebih banyak digunakan oleh konsumen atau 71 ,7 persen. dibandingkan GrabFood 39,9 persen.


"Kami bertanya merek transportasi online apa yang anda kenal. Ketika yang disebutkan pertama kali itu adalah yang terlintas dalam pikiran. Di sini adalah Gojek dan Go-Food," kata CEO dan Founder Alvara Research Hasanuddin Ali saat pemaparan hasil survei di Jakarta Pusat, Selasa (9/7).

Sebanyak 68,4 persen responden menyebut Gojek pertama kali ketika ditanya soal aplikasi ride-hailing, sedangkan Grab hanya 31,6 persen.

Sementara itu, Gofood lebih mendominasi top of mind dari kategori aplikasi pesan antar dibandingkan kategori ride-hailing. Gofood mendominasi dengan angka 70,1 persen.

Survei juga menunjukkan konsumen yang menggunakan kedua layanan menilai Gojek lebih diandalkan dibandingkan Grab. Hasan mengatakan dalam survei, pihaknya bertanya terkait perbandingan keandalan Gojek dan Grab kepada responden yang menggunakan kedua aplikasi.

"Di survei Gojek lebih terpercaya dibandingkan Grab dengan angka 44,2 persen, sedangkan Grab 21,4 persen," kata Hasan.

Sementara itu, mayoritas responden menganggap Gojek merupakan pelopor aplikasi pesan antar makanan. Sebanyak 73,7 persen responden mengatakan Go-Food adalah pelopor, sementara GrabFood hanya 19 persen.

Survei juga menunjukkan bahwa responden berminat menggunakan Gojek karena mudah digunakan (13,9 persen), lebih cepat (11,2 persen), dan aplikasi termurah (8,8 persen).

Di sisi lain, GrabFood digunakan oleh responden karena aplikasi termurah (13,3 persen), promosi terbanyak (12,1 persen), dan mudah digunakan (11,7 persen).

Seperti di transportasi, mayoritas milenial juga memilih Gofood karena aspek kualitas layanan. Sementara itu Grabfood Iebih diasosiasikan dengan harga dan promo murah.

[Gambas:Video CNN] (jnp/evn)