Seri 3 Bisa Mundur Otomatis Bantu Pengemudi di Gang Buntu

fea, CNN Indonesia | Rabu, 10/07/2019 15:49 WIB
Seri 3 Bisa Mundur Otomatis Bantu Pengemudi di Gang Buntu BMW Seri 3 model terbaru bisa mundur otomatis. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- BMW Group Indonesia memperkenalkan generasi baru model ikonik mereka, BMW Seri 3, di Tangerang, Selasa (10/7). Generasi ketujuh (G20) Seri 3 membesar namun bobotnya 'ringan' dan kini dilengkapi berbagai fitur modern.

Ukuran bodi Seri 3 membesar dengan lebar sumbu roda depan bertambah 43 mm dan belakang 21 mm. Sasis dibuat menjadi lebih kaku, titik pusat gravitasi merendah 10 mm, namun rasio bobot diklaim bisa dipertahankan 50:50. Walau dimensinya membengkak, BMW mengklaim bobotnya dipangkas hingga 50 kg.

"Ada perubahan signifikan di pasar kendaraan premium yang lekat dengan sedan, tapi sekarang terlihat bahwa penggemar sport activity vehicle (SAV) cukup tinggi. Jadi gap sedan dan SAV sudah cukup besar. Bmw berharap bisa menghadirkan fondasi untuk menjawab tantangan tersebut," kata Jodie O'tania, Director of Communications BMw Group Indonesia.


Seri 3 terbaru tetap memakai mesin lama (B48) 4-silinder 2.000 cc turbo ganda. Meski begitu mesin dikatakan semakin ringan dan irit serta menyemburkan tenaga lebih besar.

Mesin itu menghasilkan 258 tenaga kuda dan torsi 400 Nm, naik 6 tenaga kuda dan 50 Nm dari kemampuan sebelumnya. Akselerasi 0-100 kpj, dibantu transmisi otomatis 8-percepatan, diklaim sanggup ditempuh dalam 5,8 detik.

Seri 3 ini merupakan model ketiga BMW di Indonesia setelah i8 dan X5 yang dibekali teknologi lampu besar laserlight. Lampu dengan identitas aksen warna biru ini mampu menyinari jalan hingga 530 m.

Di kabin, suasana kokpit telah dirancang lebih elegan dengan garis-garis tegas. Sistem bantuan pengemudi iDrive kini menggunakan sistem operasi 7.0 ditemani Intelligent Personal Assistan "Hello BMW".

Sistem hiburan sudah terkoneksi Apple CarPlay yang pertama di mobil BMW yang dijual di Indonesia. Koneksi ponsel via jaringan tanpa kabel (wireless).

Seri 3 terbaru juga disematkan fitur Park Assist dengan Reversing Assistant. Fitur ini mampu menyimpan rekaman mengemudi sejauh 50 meter lalu bisa digunakan untuk mengulanginya dalam posisi mundur.

Menurut BMW fitur ini berguna saat pengemudi menemukan jalan buntu dan tidak bisa putar balik.

Generasi baru Seri 3 bakal hadir dengan varian 330i MSport. Belum ada harga jual yang diumumkan, rencananya bakal dirilis di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 18 Juli 2019.

Pada generasi sebelumnya BMW Indonesia menjual dua varian Seri 3, yaitu 320i Luxury Rp729 juta, 330i MSport Rp879 juta. Kedua harga itu berlaku off-the-road. (fea/mik)