Apple Disebut Akan Mulai Hilangkan Poni iPhone Tahun Depan

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 11/07/2019 16:40 WIB
Apple Disebut Akan Mulai Hilangkan Poni iPhone Tahun Depan Ilustrasi (REUTERS/Clodagh Kilcoyne)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple diperkirakan akan menghilangkan notch pada bagian layar iPhone pada 2020. Hal ini diungkap analis yang kerap memberi bocoran soal iPhone dalam wawancaranya dengan situs China MyDrivers.

Ia menyebut setidaknya salah satu ponsel Apple pada 2020 akan menggunakan kamera depan yang lebih kecil. Sehingga meningkatkan rasio layar berbanding bezel.

Kedua, media China Times mengutip seorang analis di perusahaan investasi Credit Suissse yang meyakini Apple berencana untuk meluncurkan satu model iPhone yang akan menyematkan kamera depan dengan teknologi kamera dibawah layar.


Ponsel ini disebut tidak akan menggunakan FaceID tapi akan kembali menggunakan pemindai sidik jari. Tapi, kali ini pemindai sidik jari akan bisa dilakukan di seluruh layar iPhone.

Kedua analis juga meyakini kalau tiga iPhone yang akan meluncur pada 2021 akan benar-benar tanpa poni. Disebutkan juga kalau Apple bakal mengembangkan teknologi pengenal sidik jari di layar sendiri dan tidak bergantung pada pihak ketiga.

Saat ini, pengembang teknologi sidik jari bawah layar yang banyak digunakan oleh produsen adalah teknologi yang dikembangkan oleh Qualcomm.

Pekan lalu, sebuah laporan menyebut Apple berencana untuk meluncurkan iPhone anyar dengan teknologi fingerprint di bawah layar. Tapi menurut laporan tersebut, ponsel ini hanya akan dipasarkan terbatas pada pasar China yang lebih sensitif harga.

Sebab, ponsel dengan pemindai sidik jari di bawah layar bakal lebih murah di produksi ketimbang sensor FaceID, seperti dilaporkan MacRumors.

Di sisi lain, analis Barclays mengungkap iPhone yang akan meluncur tahun depan akan menggunakan teknologi fingerprint akustik. Teknologi ini memungkinkan Apple membuat seluruh layarnya bisa mengenali sidik jari menggunakan resonansi ultrasonik untuk mengenali kontur sidik jari.

Mengutip Pocket-Lint, terdapat dua teknologi pemindai sidik jari bawah layar, optik dan ultrasonik. Saat ini kebanyakan fitur pemindai sidik jari bawah layar menggunakan teknologi pemindai optik yang lebih murah. 
Teknologi ini akan menempatkan kamera di bawah layar yang akan menangkap gambar sidik jari dan membandingkannya dengan sidik jari yang sudah disimpan.

Namun, pemindai ini tak akan bekerja akurat jika sidik jari yang dipindai dalam kondisi basah atau kotor. Lain halnya ketika pemindaian sidik jari dilakukan dengan ultrasonik. Pemindai tetap bisa membaca sidik jari meski tangan basah atau tengah berminyak. Teknologi ini seperti pemindai FaceID untuk sidik jari.

[Gambas:Video CNN] (eks)