Wuling Almaz Kini Muat 7 Penumpang dan Bisa 'Diajak Bicara'

fea, CNN Indonesia | Kamis, 11/07/2019 14:28 WIB
Wuling Almaz Kini Muat 7 Penumpang dan Bisa 'Diajak Bicara' Wuling Almaz 7 penumpang diluncurkan di Jakarta Utara, Kamis (11/7). (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- SGMW Motor Indonesia (Wuling Indonesia) resmi memperkenalkan varian baru Almaz yang muat tujuh penumpang dan sudah dibekali teknologi baru Wind (Wuling Indonesian Command).

Kedua fitur baru ini bakal memperluas jangkauan pasar Almaz dan memungkinkan lebih bersaing dengan SUV medium tujuh penumpang lainnya seperti DFSK Glory 580, Honda CR-V, dan Nissan X-Trail.

Jok baru yang ada di baris ketiga dikatakan Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko 'cukup nyaman' buat penumpang dewasa. Jok itu bisa dilipat rata hingga meningkatkan kapasitas bagasi.


Jok baru ini bikin posisi ban cadangan yang pada Almaz lima penumpang ada di kabin jadi pindah ke kolong mobil. Menurut Danang, Almaz lima penumpang 'sangat sulit' bila ingin ditambah menjadi tujuh penumpang sebab butuh perubahan cukup besar.

Wind merupakan fitur baru voice command (perintah suara) yang khusus dikembangkan Wuling untuk pasar Indonesia. Fitur yang dirancang bersama pengembang perangkat lunak asal Amerika Serikat, Nuance, ini hanya bisa diperintah dengan bahasa Indonesia.

Ada tiga cara untuk mengaktifkan Wind, yaitu mengatakan 'Halo Wuling' di kabin, menekan tombol di headunit, dan menekan tombol di setir. Perintah suara akan dideteksi microphone yang terletak di cluster atas dekat spion tengah yang juga menjadi lokasi tombol sunroof.

Interior Almaz 7 seater dilihat sunroof.Interior Almaz 7 seater dilihat dari pintu belakang. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Microphone itu, yang terintegrasi dengan koneksi ponsel untuk telepon, sudah tersedia di varian lima penumpang Almaz. Wuling Indonesia menjelaskan konsumen yang sudah membeli Almaz lima penumpang punya opsi menambahkan fitur Wind.

Menurut Danang, Wind bisa mengerti berbagai macam perintah suara, seperti pengaturan kendaraan, utak-atik AC, buka-tutup jendela, angkat-tutup telepon, menginformasikan waktu, dan lainnya.

"Saat ini kami hanya mengembangkan versi bahasa Indonesia, itu akan sangat berguna untuk konsumen Indonesia," ucap Danang.

Belum ada keterangan harga resmi yang diungkap Wuling Indonesia untuk harga varian baru Almaz tujuh penumpang. Meski begitu penjualannya disebut bakal dilakukan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Almaz lima penumpang pertama kali meluncur pada Februari 2019, lantas Wuling Indonesia bergerak cepat bakal meluncurkan varian tujuh penumpang enam bulan kemudian. Cindy Cai, Vice President Wuling Indonesia, menjelaskan, tempo cepat itu memang disengaja untuk segera memenuhi kebutuhan konsumen.

"Kami mempercepat tempo kami untuk memenuhi konsumen. Kami ingin memberikan konsumen teknologi paling maju dan terdepan,' ucap Cindy. (fea/mik)


BACA JUGA