Mirip Dokter, Bersihkan AC Mobil Pakai Kamera Endoskop

fea, CNN Indonesia | Sabtu, 13/07/2019 13:38 WIB
Mirip Dokter, Bersihkan AC Mobil Pakai Kamera Endoskop Ilustrasi AC mobil. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengatur suhu alias AC di mobil sama seperti AC di rumah yang suatu saat wajib dibersihkan. Dulu cara membersihkannya cukup sulit sebab harus bongkar-pasang banyak komponen, namun kini sudah ada teknik baru yang melibatkan teknologi modern berupa kamera endoskop.

Prinsip kerjanya hampir mirip dengan proses endoskopi yang biasa dilakukan dokter untuk mengecek langsung organ bermasalah di dalam tubuh tanpa perlu memotong atau membuka sesuatu. Bila endoskopi dari dokter buat melihat organ bermasalah, teknik kamera endoskop pembersihan AC punya tugas spesifik mengincar evaporator.

Evaporator atau perangkat yang mengubah larutan menjadi uap dingin AC di kabin mobil merupakan komponen yang sulit dijangkau. Pada umumnya, evaporator berada di belakang dasbor.


Sebelumnya, banyak layanan servis AC menawarkan pembersihan dengan cara memasukkan selang melewati jalur udara hingga sampai di evaporator lalu menyemprotkan pembersih. Cara ini menjadi lebih efektif dengan teknik kamera endoskop yang bisa memantau langsung lokasi kotoran tertinggal.

Pembersihan menjadi bisa dilakukan lebih berkualitas karena gambar yang dihasilkan kamera terlihat jelas. Ruang gelap di sistem AC bukan masalah karena kamera juga dibekali senter.

Salah satu penyedia layanan kamera endoskop ini di Jakarta adalah Autoglaze Indonesia. Manager Marketing perusahaan, Stephen Setyadi, menjelaskan, kamera endoskopi itu berada di ujung pipa fleksibel yang bisa menyusup ke sistem AC. Pipa itu dikatakan yang berfungsi menyemprotkan cairan pembersih.

Menurut Stephen teknik ini aman dan cepat, pembersihan bisa dilakukan hanya dalam waktu satu jam. Selain membersihkan evaporator, layanan ini juga membersihkan saringan AC dan juga area blower.

Membersihkan sistem AC mobil menggunakan kamera endoskop. (Foto: Istimewa)

"Dibanding servis AC, yang memakan waktu lama dan biaya juga lebih besar. Karena servis AC kan harus bongkar sana sini dan freon terbuang, jadi harus isi freon lagi. Kalau di kami tidak perlu, cukup dibersihkan saja," kata Stephen.

Autoglaze Indonesia saat ini sudah memiliki 33 unit 'Autoglaze One Stop Car Service' yang bisa melayani pembersihan AC menggunakan teknik kamera endoskop, yang terbaru berada di Alam Sutera, Tangerang, Banten.

[Gambas:Video CNN] (fea)