Edukasi & Fitur

Fungsi Airbag Bergaya 'Gorden' pada Mobil

ray, CNN Indonesia | Senin, 15/07/2019 21:25 WIB
Fungsi <i>Airbag</i> Bergaya 'Gorden' pada Mobil Ilustrasi. (Istockphoto/Deepblue4you)
Jakarta, CNN Indonesia -- Airbag terbagi dalam beberapa bagian yang punya fungsi berbeda mulai dual SRS airbag (di depan pengemudi dan penumpang, curtain airbag (di posisi pilar) dan knee airbag (untuk melindungi lutut).

Kabar terbaru soal tidak normalnya fungsi curtain airbag pada satu model medium SUV yang dipasarkan di Indonesia. Program ECU airbag pada mobil pribadi disebut tak sesuai sehingga menyebabkan kantong udara potensi mengembang seketika dalam kondisi tertentu.

Kantong udara di samping merupakan inovasi hasil pengembangan perusahaan otomotif sebagai fitur keselamatan. Letaknya di sisi samping pengemudi atau penumpang seperti 'tirai' ketika mengembang.


Di Amerika, curtain airbag atau kantong udara di bagian samping sudah masuk dalam penilaian standar keselamatan mobil baru sejak 2013 oleh NHTSA.

Lembaga itu sadar curtain airbag menjadi pelindung tambahan untuk urusan keselamatan saat mobil mengalami kecelakaan. Namun untuk diingat, kantong udara samping ini juga dapat tidak mengembang dalam situasi tertentu, misal terjadi tabrakan di ban depan atau ban belakang setelah itu di bagian samping.

Autohowstuffworks memaparkan bahwa airbag samping seperti itu dapat melindungi kepala dan leher pengemudi dan penumpang meski tak terlepas dari penggunaan sabuk pengaman.

Dalam fungsinya airbag jenis ini akan menutupi jendela ketika mobil terlibat kecelakaan. Saat kantong udara samping mengembang seperti tirai, sementara kaca samping sudah pecah, airbag model ini disebut mampu menahan pengemudi atau penumpang agar tetap berada di mobilnya.

Fungsi lain dari kantong udara samping juga bisa menahan serpihan-serpihan pasca kecelakaan masuk ke interior mobil.

Di industri otomotif, Ford salah satu produsen yang cukup serius melindungi setiap konsumennya. Bahkan perusahaan otomotif asal Amerika Serikat itu membuat fungsi curtain airbag lebih maksimal melindungi penghuni kabin ketika mobil berguling berkali-kali.

Curtain airbag pada mobil-mobil Ford disebut lebih lama mengempis pasca kecelakaan, sedangkan airbag pada umumnya mengempis dalam hitungan satu detik setelah mobil mengalami kecelakaan.

Oleh Ford, curtain airbag biasa diletakkan pada mobil-mobil 'jangkung' jenis Sport Utility Vehicle (SUV) yang rentan insiden terguling.

(ryh/mik)


BACA JUGA