Smartwatch Imoo, 'Ngetren' Buat Anak-anak, Resahkan Orang Tua

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 24/07/2019 09:10 WIB
Smartwatch Imoo, 'Ngetren' Buat Anak-anak, Resahkan Orang Tua Smartwatch Imoo, jam pintar berharga jutaan rupiah (imoo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para orang tua resah dan mengeluhkan tren penggunaan smartwatch Imoo pada anak-anak. Sebab, banyak anak yang merengek untuk dibelikan jam seharga jutaan rupiah ini lantaran sebagian teman-teman mereka memiliki jam tangan pintar itu.



Di e-commerce, jam tangan ini dibanderol mulai Rp999.000 untuk seri paling murah, Imoo Y1. Sementara Z5 dibanderol Rp3,299 juta. Sementara Imoo Z2 dibanderol Rp2,199.


Netizen mencuitkan bahwa memiliki jam tangan pintar ini merupakan salah satu ke-gaul-an anak-anak zaman sekarang, seperti dicuitkan akun @iyatiaa.



Namun, tren ini menimbulkan keresahan dikalangan orang tua, seperti dicuitkan akun @sokancut. Ia meminta agar Kemendikbud melarang pemakaian jam tangan pintar itu di sekolah.



Keluhan orang tua ini terutama karena harga jam tangan pintar ini yang terlalu mahal. Sehingga, seorang netizen bersyukur ketika sekolah anaknya melarang penggunaan jam Imoo ke sekolah.



Cuitan ini lantas mendapat beragam reaksi dari rekan-rekannya.









Tren ini melanda hingga ke bocah yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak.



Bahkan hingga ke anak pra-TK.


Seperti smartwatch lain, jam tangan ini telah dilengkapi dengan sistem operasi Android atau iOS Watch bagi Apple Watch. Bedanya, jam tangan Imoo bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon. Imoo Watch Phone Z5 punya kamera lensa lebar 5 MP.

Jam tangan ini juga dilengkapi dengan GPS agar orang tua bisa memantau posisi anak. Deteksi dilakukan dengan aplikasi tertentu yang dipasang di ponsel orang tua. Sensor accelerometer pada jam tangan, membuat orang tua juga bisa mengetahui apakah anaknya sedang duduk, berjalan, atau berlari.

Waktu penggunaan smartwatch juga bisa dikendalikan. Orang tua bisa mengaktifkan mode dalam kelas, ketika anak sedang belajar. Sesama pengguna Imoo punya sarana komunikasi khusus.

Imoo memiliki beberapa varian jam tangan pintar, Y1, Z5, dan Z2 yang akan meluncur pertengahan Juli lalu. Imoo mengeluarkan Z2 sebagai penengah dari Imoo Z5 yang dianggap terlalu mahal karena dibanderol Rp3,2 juta dan Y1 yang tak memiliki fitur video call. (eks/eks)