Tren Teknologi

Cara Kerja Kamera Pop-up di Ponsel Pintar

CNN Indonesia | Sabtu, 27/07/2019 10:09 WIB
Cara Kerja Kamera <i>Pop-up</i> di Ponsel Pintar Ilustrasi kamera pop-up di ponsel pintar. (CNN Indonesia/Dini Nur Asih)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fenomena kamera pop-up mulai marak sejak tahun lalu. Vivo dengan seri Nex memulai trend kamera pop-up. Setelah itu beberapa vendor mulai mengikuti jejak Vivo dengan sedikit modifikasi tetapi tetap menonjolkan pop-up camera. Terakhir, Samsung melakukan inovasi pop-up kamera yang bisa berputar.

Samsung Galaxy A80, tak hanya memiliki kamera yang pop-up tetapi bisa juga berputar. Sehingga kamera depan dan belakang sama.

Trend ini sebenarnya mirip dengan takik atau notch. Begitu satu ponsel memiliki notch, vendor lain berbondong-bondong mengikuti langkah serupa.



Namun, kamera pop-up justru hadir untuk menjawab trend takik yang bagi sebagian orang cukup mengganggu. Dengan adanya kamera pop-up, layar tak perlu lagi terpotong oleh 'bolong' kamera depan.

Konsep pop-up ini, kebanyakan menggunakan mekanisme stepper atau motor stepper. Mekanisme ini bisa digerakan oleh software.

Perangkat lunak akan mengirimkan instruksi dan gerakan yang tepat terhadap kamera. Secara garis besar, mekanisme tersebut yang menjalankan keluar masuk kamera pop-up.


Namun, akan ada modifikasi sistem pada masing-masing tipe. Seperti pada Samsung Galaxy A80.

Seri terbaru dari Samsung ini dilengkapi dengan sistem triple-camera yang muncul dari bagian belakang smartphone dan memutar ke bagian depan. Sederhananya, kamera Samsung Galaxy A80 ini dirancang untuk kamera belakang sekaligus kamera depan.

Jika pengguna ingin mengganti mode kamera menjadi kamera depan (mode selfie), kamera yang terdapat di bagian belakang akan otomatis terangkat dan terputar ke arah depan. Kamera Galaxy A80 ini memiliki kualitas 48 megapiksel, depth-sensing 3D, dan ultra wide-angle.

Modul kamera yang dapat berputar mengikuti instruksi kamera depan atau kamera selfie ini akan mengikuti pilihan pengguna. Jika pengguna akan melakukan selfie, kamera yang sudah keluar akan melakukan putaran ke depan. Begitu pula sebaliknya.


Kamera akan masuk kembali ke dalam ponsel, begitu pengguna keluar dari mode kamera. Ponsel dengan kamera pop up memang memiliki kelebihan, yakni lensa akan aman dari goresan.

Namun, hingga saat ini belum diketahui bagaimana ketahanan putaran kamera pop-up. Apakah semakin sering kamera keluar dan berputar, dapat membuat 'engsel' longgar.

[Gambas:Video CNN] (hrd/age)