Dapat Investasi SoftBank, Grab Ekspansi ke Indonesia Timur

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 29/07/2019 13:49 WIB
Dapat Investasi SoftBank, Grab Ekspansi ke Indonesia Timur Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- SoftBank baru saja menyuntikkan dana sebesar US$2 miliar atau setara dengan Rp28 triliun (Rp14.000/US$) untuk Grab Indonesia. Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia mengungkapkan akan melakukan ekspansi ke Indonesia Timur.

"Kehadiran Grab sekarang di Timur Indonesia juga sudah sangat bagus, kami ada di 224 kota saat ini, mulai Sabang sampai Merauke. Tetapi tentu akan lebih itu, kami akan mengembangkan layanan yang tersedia di sana," jelas Ridzki, Senin (27/9).

Salah satu di antaranya, Grab Foods yang berbasis kecerdasan buatan. Selain itu, Grab pun akan menyiapkan layanan kesehatan terutama untuk bagian yang tidak terjangkau.


"Tadi Pak Menko (Luhut) memberikan salah satu arahan ke Timur Indonesia, tentunya kami sangat capabel untuk itu," ungkap Ridzki.
Lebih lanjut dia menjelaskan layanan kesehatan seperti membantu kurangnya tenaga kerja seperti dokter. Mereka pun akan mengembangkan layanan berasis kecerdasan buatan kesehatan.

"Karena dengan AI berarti masing-masing dokter bisa sangat produktif," tambahnya.

Selain itu, investasi dari SoftBank juga akan digunakan untuk pengembangan sektor pariwisata. Ridzki optimis perusahaan bisa membantu dalam pengembangan pariwisata mulai dari penetrasi market hingga sosialisasi.

"Karena kita ada di 8 negara, 336 kota di seluruh Asia Tenggara. Bisa dari pengalamannya," tambah Ridzki.
Dia mengungkap telah di Selangit dan banyak kota di Danau Toba dan yakin bisa menambah di Mandalika, Borobudur, Labuan Baji, dan Manado.

"Kami senang hari ini komitmen dari SoftBank untuk menambah investasi ke Grab. Ini sangat penting dan membuka second headquarter di Jakarta. Ini akan menjadikan Grab sebagai Unicorn Indonesia." pungkasnya. (fra/age)