Uji Gim

PUBG Lite, Ringan Dimainkan Tapi Kurang Menantang

CNN Indonesia | Selasa, 30/07/2019 19:13 WIB
Tampilan pada PUBG Lite lebih sederhana dan tak ada detil yang muncul seperti pada PUBGM. (Screenshot via PUBG_
Jakarta, CNN Indonesia -- PUBG Mobile (PUBGM) Lite telah tersedia di Indonesia. Tencent dikabarkan telah menggarap versi ringan dari PUBG Mobile sejak Agustus 2018. Sebelum versi ringan dari PUBGM ini, Tencent sebelumnya juga telah merilis PUBG Lite versi PC pada awal tahun ini.

Tujuan dari pembuatan PUBGM Lite ini adalah untuk menjamah konsumen dengan ponsel low-end atau berspesifikasi rendah. Apabila versi regular PUBGM dirancang untuk ponsel dengan RAM minimal 2GB, maka PUGBM Lite bisa dimainkan dalam ponsel dengan spesifikasi RAM di bawah 2GB.

Ukuran file PUBGM Lite hanya 491MB dibanding versi regulernya yang mencapai 1GB. Unduhan dalam game juga tidak besar, jadi total yang harus diunduh kira-kira sebesar 600MB.


Sebagai gim versi ringan, Tencent benar-benar memangkas tampilan aplikasi ini. Penurunan tampilan grafis sudah mulai terlihat saat kita mulai membuka gim.

1. Penurunan grafis

Mereka menyesuaikan grafis untuk versi ini dengan menghilangkan efek-efek tertentu, seperti efek pada air dan rumput. Pada karakter pun mereka juga mengurangi grafisnya, terlihat jelas pada rambut dan pakaian. Detil seperti bayangan dan lipatan baju pemain tidak tampak pada aplikasi versi ringan ini.

2. Server terpisah

Versi ringan ini ternyata memiliki server sendiri, sehingga pamain versi ringan ini tidak dapat terhubung atau bertemu dengan server dari PUBGM versi reguler. Sejauh unit server gim ini hanya tersedia dua lokasi, Asia dan Amerika Selatan.

3. Peta Berbeda
Peta di PUBG Lite (Screenshot via PUBG)

Hal lain yang sangat mencolok adalah peta. Pada versi regulernya, permainan versi klasik memiliki 4 peta; Erangel, Sanhok, Miramar dan yang terbaru adalah Vikendi. Dalam versi ini hanya terdapat satu peta, yaitu Erangel.

Namun peta Erangel pada versi ringan ini juga dirombak oleh Tencent. Peta Erangel regular berukuran 8x8km, dalam versi ini hanya 2x2km saja. Setengah dari ukuran peta Sanhok yang memiliki luas 4x4km.

Tampilan peta pada PUBG Lite sangat berbeda dari versi reguler. Bisa dibilang perbedaannya mencapai 90 persen. Jangan berharap bisa turun di Pochinki atau School, karena tempat-tempat tersebut tidak akan bisa ditemukan di peta ini. Lokasi-lokasi dalam peta akan sangat berbeda. Nama-nama lokasi pun berbeda.

Bagi mereka yang mencoba PUBGM Lite dan biasa bermain yang versi regular, mereka tidak akan mengenali lokasi-lokasi yang ada di dalam peta Erangel ini.Selain itu, peta Erangel versi ini juga terdapat lebih banyak bangunan dan lokasi saling berdekatan.

Beberapa tempat tampak memiliki format yang sama. Namun lokasi lokasinya berbeda dari peta Erangel asli dan menggunakan nama berbeda juga. Contohnya daerah Downtown yang dalam peta Erangel regular berada di lokasi Rozhok.

(bersambung ke halaman selanjutnya: "Senjata, Akurasi, Bot di PUBG Lite")

(taj/eks)
1 dari 3