Kartu Kredit Apple Bersiap Meluncur Agustus

hrd, CNN Indonesia | Jumat, 02/08/2019 01:56 WIB
Kartu Kredit Apple Bersiap Meluncur Agustus Tampilan aplikasi Apple Card (AP Photo)
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO Apple Tim Cook, telah mengonfirmasi kartu kredit Apple Card akan diluncurkan pada bulan Agustus tahun ini. Kartu ini diluncurkan Apple bekerjasama dengan Goldman Sachs dan Mastercard. Kartu kredit Apple akan terintegrasi dengan Apple Pay dan aplikasi Wallet.

"Ribuan karyawan Apple tengah menggunakan Apple Card setiap hari dalam pengujian beta. (Kartu ini) akan mulai diluncurkan pada bulan Agustus," ujar Tim seperti yang dilansir dari The Verge.

Untuk membuat Apple Card, pengguna terlebih dahulu masuk ke aplikasi Wallet. Di aplikasi itu akan tersedia langkah-langkah untuk mengaktifkan Apple Card. Setelah mendapat kualifikasi dari Apple, kartu siap digunakan.


Namun, jika ingin membeli atau membayar sesuatu yang tidak menyediakan pembayaran menggunakan Apple Pay, pengguna bisa menggunakan kartu kredit fisik. Kartu fisik akan dikirim setelah pengguna mendaftar.

Dilansir dari Macrumors, kartu kredit fisik Apple Card akan terbuat dari bahan titanium. Di dalam kartu tersebut, tidak akan terdapat nomor kartu, tanggal kadaluwarsa kartu, CVV, ataupun tanda tangan.

Di kartu hanya tertera nama pengguna di bagian depan kartu. Informasi nomor-nomor tersebut hanya dapat diakses di aplikasi Wallet. Dengan demikian, akan sulit bagi orang lain menyalahgunakan kartu fisik ini untuk bertransaksi online.

Pengguna dapat mengisi saldo Apple Card menggunakan akun bank yang telah ditautkan, atau dari Apple Cash yang berada di aplikasi Wallet.

Apple Card juga tidak akan mengenakan biaya tahunan, biaya internasional, biaya melakukan keterlambatan pembayaran atau biaya untuk limit berlebih.

Apple akan memberikan uang kembali (cashback) satu persen tiap transaksi menggunakan Apple Cash. Jika melakukan pembelian dengan Apple Pay akan mendapat cashback sebesar dua persen. Uang kembali tiga persen jika pengguna melakukan pembelian di Apple Store menggunakan kartu fisik atau online.

Pada setiap transaksi Apple Card, akan tercatat secara digital. Pengeluaran juga akan langsung dikategorikan, seperti hiburan, makanan dan minuman, belanja, dan sebagainya.

Tiap transaksi juga akan mendapat pemberitahuan ke iPhone. Sehingga pengguna bisa melacak transaksi yang tidak dikenal. Pengguna bisa langsung menandai transaksi tak dikenal itu dalam aplikasi. Setiap transaksi yang dilakukan dikonfirmasi dengan Face ID atau Touch ID dengan kode otentikasi.

Apple menambahkan bahwa Apple Card ini akan meluncur di AS terlebih dulu dan menyusul ke negara lain. Apple Card ini juga hanya bisa didukung oleh sistem operasi iOS versi 12.4.

[Gambas:Video CNN] (eks/eks)