Cara Bitcar Saingi Gojek dan Grab, Penumpang Juga Raih Komisi

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 02/08/2019 13:08 WIB
Cara Bitcar Saingi Gojek dan Grab, Penumpang Juga Raih Komisi Ilustrasi taksi online. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesaing baru Gojek dan Grab bernama Bitcar mengaku sudah menyiapkan beberapa skema operasional yang bakal diterapkan kepada penumpang dan pengemudi. Menurut pihak Bitcar skema tersebut dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Chief Operational Officer (COO) Bitcar Christiansen Wagey menjelaskan skema yang digunakan disebut refferal (rujukan). Skema ini menurut Christiansen bisa membuat pengemudi dan penumpang mendapat penghasilan tambahan.

Dijelaskan dia, penumpang bisa mendapat keuntungan lebih setelah melakukan promosi aplikasi Bitcar kepada siapapun melalui ponsel. Cara promosinya menyebarkan tautan yang bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi Bitcar.


Bila rekan penumpang sudah mengunduh aplikasi Bitcar melalui tautan tersebut, otomatis penumpang bakal mendapat komisi sebesar satu persen dari tarif perjalanan selama penggunaan Bitcar.

Komisi sebesar satu persen itu akan diakumulasikan, tergantung berapa banyak promosi itu berhasil membuat orang lain mengunduh Bitcar. Komisi bakal diberikan setiap bulan kepada pengguna melalui transfer bank.

"Kami lebih memberikan profit jangka panjang kepada driver dan masyarakat dengan sistem refferal," kata Christiansen melalui pesan singkat, Kamis (1/8).

Untung Pengemudi

Sedangkan buat pengemudi yang melalukan promosi seperti penumpang, Christiansen menyebut bakal diberikan komisi sebesar satu hingga tiga persen, tergantung syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pengemudi bukan hanya dapat komisi setelah orang lain mengunduh aplikasi Bitcar, jika pengemudi sukses menggaet seseorang untuk menjadi pengemudi baru Bitcar maka dapat bonus juga.

Caranya, pengemudi mengirim tautan pendaftaran kepada orang lain, bila orang lain itu setuju mendaftar melalui tautan itu maka komisi akan dikirim setiap bulan setelah diakumulasi.

"Misalkan kamu driver, bila kirimkan link (tautan) tersebut ke calon driver Bitcar, lalu driver itu download aplikasi Bitcar, maka otomatis driver tersebut menjadi referensi abang," jelas dia.


Cara Bitcar Saingi Gojek dan Grab, Penumpang Juga Raih KomisiPerusahaan taksi online baru Bitcar. (Dok. Bitcar)

Komisi Pengemudi dari Referensi

Komisi buat pengemudi yang melakukan promosi dijelaskan didapat dari hasil kerja pengemudi referensi. Bila pengemudi referensi melakukan 30 kali trip dalam satu bulan, pengemudi yang melakukan promosi mendapat komisi satu persen.

"Kalau 60 trip dua persen, 120 trip bisa tiga persen komisi yang didapat," kata Christiansen.

Selain itu dijelaskan juga, sistem bagi hasil untuk setiap trip yang dilakukan pengemudi yaitu sebesar 85 persen dan 15 persen. Pengemudi mendapatkan 85 persen, sedangkan 15 persen untuk Bitcar.

Menurut Christiansen, Bitcar yang dikelola mantan mitra Gojek dan Grab ini dapat menjadi solusi buat masyarakat yang ingin mendapat penghasilan tambahan. Selain itu dia juga bilang pihaknya sudah membuat ritme kerja yang 'manusiawi'.

"Dan bisa bekerja maksimal 12 jam sesuai PM 118 (Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 118/2018)," kata dia.

Buat meningkatkan daya saing, Bitcar juga disebutkan akan memberikan berbagai promosi menarik seperti potongan harga kepada pengguna. Menurut Christiansen hal ini sangat penting demi menambah jumlah pengguna Bitcar.

"Untuk jangka pendek, di awal nanti akan mendapatkan gratis perjalanan pertama senilai Rp30 ribu. Dan kejutan-kejutan lainnya, coming soon, tunggu saja," kata Christiansen. (ryh/fea)