Instagram Down, Netizen Kira Kuota Sudah Habis

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 08/08/2019 02:28 WIB
Instagram Down, Netizen Kira Kuota Sudah Habis Media sosial Instagram dilaporkan sempat mengalami gangguan alias down. (CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Media sosial Instagram dilaporkan sempat mengalami gangguan alias down. Kejadian tersebut sempat membuat tagar Instagramdown menjadi trending di media sosial.

Menurut pantauan melalui Down Detector, pengguna mulai melaporkan gangguan Instagram ini pada Rabu (7/8) malam pukul 21.00 WIB dan mencapai puncaknya pada pukul 22.00 WIB dengan 4.912 laporan.

Namun sebagian besar gangguan penggunaan Instagram ini terjadi di Amerika Serikat dan Eropa.


Sebagian besar melaporkan gangguan berupa gagal memperbarui beranda atau news feed sebesar 73 persen, lalu fitur Stories sebanyak 20 persen, dan gagal masuk atau log in sebanyak 5 persen.


Sementara itu, pelaporan Instagram Down di kawasan Asia tergolong sedikit, dengan laporan terbanyak datang dari pengguna Instagram di Singapura.

Gangguan Instagram itu sendiri hanya berlangsung tak sampai dua jam. Pada tengah malam waktu Indonesia Barat, menurut pantauan via Down Detector, laporan sudah mereda.

Netizen Indonesia sendiri tak banyak yang mengeluhkan akan kondisi Instagram down ini. Bahkan sebagian besar tak peduli, beberapa malah mengira kuota telah habis.

"Gue kira kouta gue abis ehh ternyata #instagramdown" kata akun @sandradiian lewat akun Twitter.











"Welcome to twitland dear igers #instagramdown" kata akun @feb_ryan24.




Kejadian Instagram Down ini adalah kali kedua setelah pada Minggu (4/8) malam jaringan media sosial berbasis foto dan video itu mengalami hal serupa.

Kala itu, laporan Instagram bermasalah dimulai sejak sekitar pukul 20.00 WIB dan puncaknya pukul 23.00 WIB.

Dalam situs Down Detector, para pengguna melaporkan masalah pada news feed sebanyak 70 persen, masalah posting 16 persen, dan kendala log-in 12 persen. Total hingga pukul 23.00 WIB ada 23.047 laporan masalah dari pengguna. (end)