Dua Makam Berusia 3.400 Tahun Ditemukan di Yunani

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 15/08/2019 07:36 WIB
Dua Makam Berusia 3.400 Tahun Ditemukan di Yunani Ilustrasi makam kuno. (Foto: MAHMOUD KHALED / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Kebudayaan Yunani melaporkan telah menemukan dua ruang makam utuh berusia hampir 3.400 tahun. Makam ini berada di dekat kota Nemea yang terkenal karena banyaknya makam kuno yang kebanyakan telah dijarah.

Makam ini berasal dari periode Mycenaean akhir. Temuan ini tak hanya menunjukkan bukti hanya tempat pemakaman dari periode Mycenaean, tapi juga memberikan kesempatan bagi peneliti untuk meneliti sisa-sisa manusia dari periode tersebut.

Menurut pernyataan dari kementerian, makam yang baru ditemukan itu mencakup dua makam dan tulang-belulang yang diawetkan dengan sempurna. 


Kuburan ini juga berkaitan dengan 14 jasad yang berasal dari makam lain. Di dalam makam juga terdapat ruang harta perhiasan kuno.

Dilansir dari Greekreporter, Kementerian Kebudayaan Yunani mengatakan temuan tersebut akan bisa lebih menjelaskan peradaban Mycenaean. 

Makam yang ditemukan di situs pemakaman Aidonia ini berbeda dari makam lainnya yang berhasil ditemukan. Makam  sangat kontras dengan situs pemakaman dari periode Mycenaean awal (1600 - 1400 SM). Ruang-ruang makam ini berisi meja serta senjata dan benda lain yang kemungkinan milik individu dengan status tinggi.

Greek City Times mencatat Aidonia adalah pemukiman penting dalam peradaban Mycenaean yang terletak di sebelah kebun-kebun anggur Nemea. Aidonia mencapai periode perkembangan terbesarnya dari abad ke-17 hingga abad ke-12 SM

Penggalian di situs pemakaman Aidonia pertama kali dimulai pada akhir 1970-an, setelah situs yang terdiri makam dari 1700-1100 SM dijarah.

[Gambas:Video CNN] (jnp/evn)