Ibu Kota Baru Diumumkan, Operator Siap Ekspansi

CNN Indonesia | Selasa, 27/08/2019 07:55 WIB
Ibu Kota Baru Diumumkan, Operator Siap Ekspansi Ilustrasi (CNN Indonesia/Susetyo Dwi Prihadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Telkomsel, XL Axiata dan Indosat buka suara soal kesiapan mereka mengekspansi jaringan bagi ibu kota baru di wilayah Kalimantan Timur. Hal ini menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang baru saja mengumumkan ibu kota baru di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Senin (26/8).

CEO XL Axiata Dian Siswarini menyebut saat ini XL telah memiliki infrastruktur jaringan yang didukung dengan backbone fiber optik yang menghubungkan Kalimantan dengan Sulawesi, Bali dengan Lombok, Jawa, dan Sumatera serta jaringan antar kota di Kalimantan.

"Saat ini XL Axiata juga sudah memiliki infrastruktur yang cukup baik dan kuat di sana (Kaltim) [...] Setelah lokasi ditentukan, XL siap melakukan ekspansi jaringan," kata Dian melalui keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (26/8).


Senada dengan XL, sebelumnya Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini sudah menyatakan kesiapan perusahaan pelat merah itu untuk melanjutkan pembangunan teknologi jaringan mereka di Pulau Kalimantan.

"Berbekal infrastruktur jaringan terdepan yang terbesar di seluruh pulau, Telkomsel akan terus melanjutkan pembangunan teknologi digital di Kalimantan sehingga siap mengadopsi ekosistem teknologi digital yang lengkap dan berkelanjutan," tulis Emma dikutip dari keterangan Telkomsel yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (22/8).

Sementara Indosat menyebut siap mendukung keputusan pemerintah terkait pemindahan ibu kota baru dari sisi layanan dan jaringan telekomunikasi.

"Sesuai dengan strategi yang sudah kami canangkan, bahwa kami konsentrasi membangun jaringan luar Pulau Jawa, termasuk seluruh wilayah Kalimantan," tulis Turina Farouk, SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo lewat pesan teks, Senin (26/8).

Sementara Tri Indonesia dan Smart masih belum memberikan keterangan terkait hal ini.

Kesiapan BTS

Terkait ketersediaan BTS, Group Head XL Axiata Jabodetabek Region, Bambang Parikesit menyebut jaringan XL telah tersedia di 9 kota/kabupaten dengan dukungan lebih dari 2.000 BTS.

"Khusus jaringan 4G LTE, sudah masuk 7 kota/kabupaten dengan lebih dari 650 BTS," jelasnya dikutip dari keterangan resmi XL yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (26/8).

Kutai Kartanegara, Paser dan Penajam Paser Utara masuk ke dalam kota/kabupaten yang sudah terlayani jaringan data 4G XL. Kota lainnya adalah Balikpapan, Samarinda, Bontang, Berau, Kutai Timur, Kutai Barat, . Kalimantan Utara meliputi Tarakan, Bulungan, Malinau, dan Nunukan.

Secara keseluruhan di Kalimantan jaringan XL meliputi 96 persen populasi. Cakupan ini terdapat di 54 kota/kabupaten dengan dukungan lebih dari 7.000 BTS termasuk 5.400 BTS data 3G/4G.

Hingga akhir Juni 2019 XL memiliki 1,7 juta pelanggan di Kalimantan. Sebanyak 75 persen merupakan pelanggan data aktif. Jumlah ini meningkat sekitar 14 persen dari periode yang sama.

Sementara Telkomsel tercatat memiliki jumlah BTS terbanyak di Kalimantan Timur. Menurut data dari Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin, jumlah BTS yang telah dibangun di Kalimantan Timur khususnya 5.500 BTS dan 3.800 BtelTS data 3G/4G.

Angka ini melebihi jumlah BTS di Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan, keduanya sebanyak 3.800 BTS. Kalimantan Tengah 3.300 BTS dan Kalimantan Utara 1.400 BTS. Total pelanggan Telkomsel di Pulau Kalimantan mencapai 13 juta pelanggan.

[Gambas:Video CNN] (din/eks)