Toyota Beli 4,94 Persen Saham Suzuki

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 29/08/2019 10:15 WIB
Toyota Beli 4,94 Persen Saham Suzuki Inti dari akuisisi ini untuk saling menguntung bagi kedua pihak. (Foto: Yuya Shino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota mengakuisisi 4,94 persen saham di Suzuki untuk menindaklanjuti perubahan industri otomotif yang begitu cepat di global. Pembelian saham ini bentuk berkolaborasi lebih jauh antara dua perusahaan sejak mereka mengumumkan bekerja sama pada 2017.

Toyota akan membayar sekitar 96 miliar yen atau sekitar Rp12,9 triliun. Sebagai "balasan", Suzuki akan membeli saham Toyota senilai 48 miliar Yen atau ditaksir mencapai Rp6,5 triliun.

Dilansir dari AFP, Rabu (28/8), pembelian saham ini bentuk berkolaborasi lebih jauh antara dua perusahaan sejak mereka mengumumkan bekerja sama melalui penandatanganan nota kesepahaman yang telah dilakukan pada 6 Februari 2017.


Dalam kesepakatan tersebut, kedua perusahaan asal Jepang itu akan berbagi teknologi yang saling mereka ungguli. Toyota yang merupakan produsen dari Camry dan Prius akan berbagi teknologi hibrida pada Suzuki.

Sementara Suzuki dengan kesuksesan berbisnis mobil berukuran 'compact' di India akan memasok memasok mesin berukuran kecil untuk Toyota di pasar Eropa.

Inti dari akuisisi ini bertujuan untuk saling menguntungkan bagi kedua pihak. Salah satu hasil dari kerja sama telah ada wujudnya, yaitu Toyota Glanza 'duplikat' dari hatchback Suzuki Baleno yang resmi diluncurkan di India pada Kamis (6/6).

Untuk diketahui sejumlah merek ada di bawah payung Toyota grup, yakni Lexus, Daihatsu dan Hino. Dengan bertambahnya nama Suzuki, maka Toyota diprediksi bisa lebih agresif dalam menghadirkan produk kendaraan untuk konsumennya di sejumlah negara. (ndn/mik)