Tips Otomotif

Enam Poin yang Harus Dilakukan Saat Konvoi

ray, CNN Indonesia | Minggu, 01/09/2019 14:43 WIB
Enam Poin yang Harus Dilakukan Saat Konvoi Ilustrasi perjalanan touring. (Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berbeda dengan berkendara sendiri, mengemudi dalam rangkaian atau touring membutuhkan kewaspadaan lebih untuk menjaga keamanan serta keselamatan bersama selama perjalanan.

Jika berkendara harian prioritas utama keselamatan diri sendiri dan penumpang, namun saat touring atau konvoi yang dituntut bagaimana kita bekerja sama dengan seluruh rangkaian agar selamat sampai tempat tujuan.

Berikut ini enam panduan buat kalian agar konvoi tetap aman selama perjalanan.


1. Tertib berlalu lintas

Kegiatan touring biasanya melibatkan konvoi dengan mobil yang banyak. Maka, sangat penting untuk tetap menjaga rangkaian, namun harus mengutamakan peraturan lalu lintas agar tidak mengganggu kenyamanan dari pengguna jalan lain.

Selain itu, rangkaian di depan sebaiknya menunggu anggota lain jika terputus karena lampu lalu lintas.

2. Pastikan komunikasi lancar

Konvoi menggunakan mobil memerlukan kemampuan berkendara secara teratur dan tertib. Peserta touring juga tidak bisa asal menyalip rekan pada rangkaian, namun harus memposisikan kendaraan sesuai dengan urutan yang sudah disusun.

Untuk itu menjaga komunikasi tiap mobil anggota sangatlah penting. Di sini kita bisa terus berkomunikasi dengan anggota lainnya dengan menggunakan alat komunikasi khusus berupa radio komunikasi yang terhubung ke semua mobil anggota.

Lewat perangkat itu semua pengemudi juga dapat mengetahui kondisi lalu lintas melalui koordinasi lisan dari pengemudi yang berada di rangkaian depan.

3. Berhenti di titik yang telah ditentukan

Selama perjalanan jarak jauh, ada banyak hal yang bisa merepotkan pengendara seperti ke toilet atau mengisi bahan bakar. Karena itu, panitia touring harus menentukan titik lokasi pemberhentian seperti di tempat ibadah dan lokasi pengisian bahan bakar.

4. Periksa kondisi kendaraan

Terlepas dari cara mengemudi dan aturan, peserta konvoi wajib mengecek kendaraan sebelum memulai perjalanan. Pastikan kendaraan dalam kondisi laik pakai.

Periksa dahulu kondisi lampu, oli, rem, tekanan angin, air wiper, hingga kondisi ban cadangan. Pastikan juga bahan bakar penuh dan tidak habis sampai dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) berikutnya.

Mengutip keterangan resmi Chevrolet Indonesia, cek juga apa ada cairan yang berasal dari kebocoran salah satu komponen. Persiapkan juga nomor layanan yang dapat dihubungi saat darurat termasuk layanan derek.

5. Rencanakan rute

Cek rute perjalanan untuk memastikan tempat pemberhentian penting yang mungkin diperlukan seperti titik peristirahatan, SPBU untuk mengisi bahan bakar, dan bengkel saat keadaan darurat. Memanfaatkan fitur petunjuk arah (GPS) bisa menjadi solusi untuk memastikan bahwa kita tetap berada di arah yang benar.

6. Siapkan barang bawaan

Rencanakan barang-barang bawaan untuk memastikan segala kebutuhan dalam perjalanan terpenuhi. Hindari membawa barang yang tidak diperlukan agar kabin tetap lapang.

Beberapa perangkat seperti penyimpan daya (power bank), charger ponsel mobil, lampu senter, cable jumper serta kotak P3K sangat diperlukan terutama dalam keadaan darurat.

Jangan lupa untuk menyiapkan tali pengikat bagasi, agar barang pada bagasi tidak bergeser dan mengganggu konsentrasi. Juga sediakan camilan atau makanan ringan sebagai teman perjalanan di saat lapar namun jarak perjalanan masih jauh menuju rumah makan terdekat. (ryh/mik)