Komunitas Otomotif

Puluhan Pecinta Moge Asal Indonesia akan Keliling 3 Negara

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 06/09/2019 18:10 WIB
Puluhan Pecinta Moge Asal Indonesia akan Keliling 3 Negara Ilustras. (Foto: Dok. Cengkir Klopo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Puluhan penggemar motor besar asal Indonesia yang tergabung dalam Indonesian Bikers bakal melakukan perjalanan ke tiga negara di ASEAN dalam misi mempromosikan produk dalam negeri. Perjalanan dimulai dari Johor, Malaysia dilanjutkan Thailand dan berakhir di Laos.

Touring yang diinsiasi Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), Ikatan Motor Indonesia (IMI), Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI), dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) tersebut akan berlangsung mulai 13-19 September 2019.

Ketua Umum HDCI Nanan Soekarna mengatakan ada 85 bikers asal Indonesia yang bakal berkumpul di Desaru, sebuah daerah di Kota Tinggi, Johor, Malaysia. Sementara itu cuma 30 anggota yang akan melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur, Malaysia, setelah itu ke Thailand dan mengakhiri perjalanan di Laos.


"Ini rangkaian kegiatan yang kami start dari Johor," kata Nanan di kantor pusat HDCI, SCBD, Jakarta Selatan, Jumat (6/9).

30 anggota tersebut, menurut Nanan bakal menggunakan motornya sendiri yang diboyong langsung dari Indonesia menggunakan 'paspor' khusus kendaraan roda dua.

"Ini kami adakan menggandeng Kementerian Pariwisata dan Kementerian Luar Negeri," ucap dia.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Keselamatan Berkendara IMI Ipung Purnomo menyampaikan touring kali ini membawa misi khusus, yakni mempromosikan Indonesia ke mata dunia.

Ipung juga menuturkan dalam touring mereka membawa beberapa perwakilan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) asal Indonesia. Rata-rata UKM tersebut adalah pedagang cinderamata dari berbagai daerah di Tanah Air.

"Jadi saat kami tiba di KBRI atau KJRI, para pedagang UKM bisa sekaligus pameran di sana," ucap Ipung.

Harapan Ipung perjalanan jauh ini sekaligus mempromosikan kekayaan alam Indonesia ke banyak bikers Mancanegara. Harapannya mereka tertarik untuk singgah ke Tanah Air.

Data IMI sendiri, per tahun sebanyak 20 bikers luar negeri pasti menyempatkan diri untuk melakukan perjalanan di Indonesia.

"Ini tentu bagus untuk devisa negara, banyak mendatangkan turis asing. Mudah-mudahan kegiatan kami selalu mendapat dukungan," tutup Ipung. (ryh/mik)