Mengenal Fitur macOS Catalina yang Bakal Dirilis Oktober 2019

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 16/09/2019 05:50 WIB
Apple secara diam-diam mengumumkan bakal merilis pembaruan sistem operasi macOS Catalina pada Oktober tahun ini. Ilustrasi macbook. (Stephanie Keith/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple diam-diam mengumumkan bakal merilis pembaruan sistem operasi macOS Catalina pada Oktober tahun ini. Perusahaan akan memecah aplikasi iTunes menjadi tiga fitur yakni Apple Music, Apple Podcasts, dan Apple TV.

Selain itu, melalui laman resmi Apple, macOS Catalina dapat diintegrasikan dengan sejumlah aplikasi yang ada di perangkat iPad seperti gim Asphalt 9, Twitter, DC Universe, Morpholio, Post-it, Jira, American Airlines, Fender, Triplt, Crew, Rosetta Stone, dan Proloquo2Go.

Lalu, pengguna Mac akan disuguhkan dengan pembaruan di fitur Foto yang memungkinkan Anda melihat dokumentasi gambar berdasarkan hari, bulan atau tahun. Apple disebut memanfaatkan teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan) untuk mengidentifikasi foto-foto terbaik pengguna Mac.
Fitur Sidecar yang ditawarkan macOS Catalina dapat mengintegrasikan Mac dengan iPad menggunakan aplikasi Duet Display atau Luna Display.


Apple juga menambahkan fitur pada pengaturan aksesibilitas. Misalnya, ketika Anda hendak membuka aplikasi, cukup membuka aplikasi itu menggunakan suara Anda sendiri.

Fitur keamanan macOS Catalina ditingkatkan untuk memastikan aplikasi yang digunakan aman dan memberi pengguna kontrol yang lebih besar terhadap akses data agar tidak mudah disusupi peretas.

Catalina disematkan cipset Apple T2 untuk menjaga Mac tetap aman dan secara otomatis mengenkripsi data yang tersimpan di dalam perangkat. Selain itu, T2 menyediakan otentikasi khusus untuk fitur Touch ID dan Apple Pay.
Sistem operasi itu juga didukung fitur Find My jika Anda kehilangan perangkat Mac. Find My pun tersedia di ponsel sehingga memudahkan Anda melacak keberadaan perangkat.

Sebelumnya, Apple pada Rabu (11/9) dini hari waktu Jakarta resmi memperkenalkan trio iPhone baru di Steve Jobs Theater, Cupertino, California. iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Max Pro menjadi 'trisula' terbaru bagi perusahaan besutan mendiang Steve Jobs.

Selain memperkenalkan jajaran produk baru iPhone, perusahaan juga merilis perangkat iPad dan Apple Smart Watch. (din/age)