Baru Meluncur, Sigra dan Calya Langsung Diskon

CNN Indonesia | Selasa, 17/09/2019 08:08 WIB
Baru Meluncur, Sigra dan Calya Langsung Diskon Toyota Calya 2019. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobil kembar Daihatsu Sigra dan Toyota Calya yang meluncur pada Senin (16/9) langsung ditawarkan diskon menurut pengakuan dealer kedua merek. Potongan harga buat kedua produk itu mulai Rp4 juta hingga Rp7 juta.

"Untuk Sigra baru ada diskon, mulai dari Rp4 juta," kata salah satu tenaga penjual Daihatsu yang tidak mau disebutkan namanya pada Senin (16/9).


Baru Meluncur, Sigra dan Calya Langsung DiskonDaihatsu Sigra 2019. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Tenaga penjual itu menjelaskan besaran diskon merupakan kebijakan perusahaan dealer. Dikatakan belum ada arahan dari 'pusat' yaitu Astra Daihatsu Motor (ADM).


Dituturkan juga besar diskon masing-masing perusahaan dealer bisa jadi berbeda. Diskon Rp4 juta yang sudah disebut ditujukan bagi calon pembeli Sigra yang melakukan pemesanan pada pekan ini.

"Jadi diskon ini kebijakan internal dari kami. Jadi dealer lain kasih (diskon) berapa saya belum tahu," kata dia.

Tenaga penjual dari dealer Daihatsu yang lain mengaku belum bisa menawarkan insentif diskon buat calon pembeli Sigra. Menurut dia penetapan diskon bakal diumumkan dealernya pada malam setelah peluncuran.

"Kami sih belum ada pengumuman diskon. Mungkin nanti malam, masih dibuat kisarannya," kata dia.

Baru Meluncur, Sigra dan Calya Langsung DiskonToyota Calya 2019. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Diskon Calya

Sementara itu tenaga penjual dealer Toyota domisili kawasan Jakarta menyebut diskon buat Calya baru sebesar Rp7 juta.

Menurutnya besar diskon untuk Calya baru kemungkinan bakal seragam di setiap dealer Toyota. Sebab kata dia, potongan harga untuk Calya sudah mendapat instruksi khusus dari 'pusat', yaitu Toyota Astra Motor (TAM).

"Jadi diskonnya segitu, dan mungkin besarnya tidak terlalu jor-joran karena kan ini unit baru," kata dia.

Perlu dipahami besar diskon yang sudah disebut kemungkinan berbeda pada setiap dealer. Jumlah diskon bisa lebih besar atau malah semakin kecil tergantung kesepakatan akhir yang diajukan calon pembeli dengan pihak dealer.

Sigran dan Calya terbaru diketahui mengalami kenaikan harga maksimal Rp2 juta. Banderol Calya baru dari Rp137,46 juta- Rp158,4 juta, sementara harga baru Sigra menjadi Rp114 juta sampai Rp156,75 juta.

Strategi diskon buat mobil baru seperti ini bukan yang pertama kali dilakukan Daihatsu dan Toyota. Sebelumnya cara agar mendongkrak penjualan ini sudah pernah diterapkan saat meluncurkan Avanza dan Xenia awal tahun lalu. (ryh/fea)