Daihatsu Indonesia Tunggu Aba-aba Toyota Soal Mobil Hybrid

CNN Indonesia | Rabu, 18/09/2019 08:25 WIB
Daihatsu Indonesia Tunggu Aba-aba Toyota Soal Mobil Hybrid Mobil konsep hybrid Daihatsu Hy-Fun di GIIAS 2019. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Astra Daihatsu Motor (ADM) menyerahkan semua strategi urusan mobil hybrid di dalam negeri kepada pihak Toyota. Hal ini diungkapkan ADM menyangkut platform hybrid Daihatsu yang kemungkinan digunakan jadi basis produk kolaborasi baru dengan Toyota.

Seperti kita ketahui pada Juli lalu di penyelenggaraan Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS), ADM memamerkan wujud konsep mobil penumpang berteknologi hybrid.

Penampilan mobil konsep bernama Hy-Fun itu merupakan yang pertama di dunia. Hy-Fun dirancang menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture).


"Ya kami ikuti aja, karena strategi global dibuat induk Daihatsu, yaitu Toyota," kata Amelia di bilangan Serpong, Tangerang, Senin (16/9).

Amelia pun menyambut baik jika mobil konsep Daihatsu tersebut dijadikan basis pengembangan kendaraan hibrida kembar bersama Toyota.

Jika terwujud ini dapat menjadi proyek lanjutan Toyota-Daihatsu di dalam negeri untuk merancang produk kembar setelah Ayla-Agya, Sigra-Calya, Terios-Rush, serta Avanza-Xenia. Semua mobil tersebut diproduksi di pabrik Daihatsu Indonesia.

"Pasti kami akan ikut strategi global Toyota," katanya.

Terkait kepastian kapan hal strategi baru dapat terlaksana, Amelia masih menutup informasi. Menurut dia jika sudah tiba waktunya, kerjasama mobil hybrid Toyoda dan Daihatsu bakal diumumkan secara resmi dan terang-terangan.

Daihatsu Indonesia Tunggu Aba-aba Toyota Soal Mobil HybridMobil konsep hybrid Daihatsu Hy-Fun di GIIAS 2019. (CNN Indonesia/Febri Ardani)

Amelia juga belum mau menjawab mengenai rencana Toyota Indonesia yang ingin memproduksi mobil hybrid di Indonesia pada 2022. Dia bilang Daihatsu baru dapat mengungkap mengenai hal itu pada 2022.

"Tahun 2022 saya akan jawab, itu masih lama. (Terkait model hybrid diproduksi di Daihatsu atau Toyota) Saya juga belum mengetahui," kata Amelia.

Sebelumnya, Toyota Indonesia menegaskan siap memproduksi kendaraan hybrid mulai 2020. Model kendaraan yang disiapkan yaitu jenis Sport Utility Vehicle (SUV) dan Multi Purpose Vehicle (MPV).

"Kami produksi mobil hybrid pada 2022," kata Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono beberapa waktu lalu. (ryh/fea)