Nissan Buka Suara Soal Tutup Satu Pabrik di Indonesia

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 16:05 WIB
Nissan Buka Suara Soal Tutup Satu Pabrik di Indonesia Nissan Indonesia telah menghentikan satu fasilitas produksi di pabrik Nissan, Karawang, Jawa Barat sejak Februari 2019. (Foto: Dok. Nissan Motor Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nissan Motor Indonesia (NMI) akhirnya memberi jawaban terkait penutupan pabriknya di Indonesia. Menurut NMI langkah tersebut menjadi bagian dari strategi perusahaan.

Head of Communication NMI Hana Maharani membenarkan kabar kurang sedap tersebut terjadi Indonesia yang merupakan bagian dari efisiensi berupa pengurangan jumlah karyawan dan fasilitas produksi.

"Itu sudah lama bukan menjadi info baru," kata Head of Communication NMI Hana Maharani dalam keterangan resmi, Senin (23/9).


Nissan Indonesia telah menghentikan satu fasilitas produksi di pabrik Nissan, Karawang, Jawa Barat sejak Februari 2019.

Seperti diketahui Nissan sebelumnya punya dua line produksi yang berlokasi di daerah Jawa Barat. Satu line digunakan untuk memproduksi mobil Nissan, satunya lagi dibangun 2014 untuk kegiatan produksi Datsun. Praktis pabriknya cuma memproduksi model-model Datsun.

Livina yang tadinya rakit lokal untuk saat ini model barunya dialihkan ke pabrik Mitsubishi Indonesia di Greenland International Industrial Center (GIIC), Bekasi, Jawa Barat ujung dari aliansi Mitsubishi-Nissan di global.

Sementara itu untuk model lain yang dijual di Indonesia seperti model X-Trail, Terra dan Serena didatangkan dalam bentuk CBU atau impor utuh.

Terkait jumlah karyawan yang dirumahkan imbas dari tak lagi memproduksi mobil Nissan, Hana enggan menyebutkan.

Prinsipal Nissan pernah menyebut akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada 12.500 karyawan di seluruh dunia hingga 2022. PHK puluhan ribu karyawan itu dinyatakan Nissan Motor Co pada Juli 2018.

Kabar tak menggembirakan ini setelah pemberitaan Japantimes.co.jp yang mengabarkan produsen Nissan telah menerapkan optimalisasi produk di Indonesia.

Dijelaskan Nissan Motor Co. menutup satu dari total dua pabriknya di Indonesia sejak enam bulan yang lalu. Perusahaan otomotif asal Jepang juga telah berhenti memproduksi mobil merek Nissan.

"Rencana optimasi mencakup mengatur ulang operasi bisnis, rightsizing dan optimasi produksi," kata Presiden Direktur NMI Isao Sekiguchi. (ryh/mik)