Netizen Apresiasi Poster Kreatif dan Lucu saat Aksi Demo

tim, CNN Indonesia | Rabu, 25/09/2019 13:36 WIB
Netizen Apresiasi Poster Kreatif dan Lucu saat Aksi Demo Ilustrasi (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aksi demonstrasi mahasiswa menolak pengesahan revisi KUHP (RKUHP) dan beberapa RUU lainnya yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia pada Selasa (24/9) diwarnai dengan poster dan spanduk unik. Para mahasiswa menuliskan aspirasi dalam tulisan-tulisan yang kreatif dan tidak biasa.

Salah satunya adalah sebuah poster berbahasa Inggris yang berarti, "Saya telah melihat kabinet yang lebih pintar di Ikea."

Ikea dikenal sebagai toko yang menyediakan barang interor rumah. Kabinet dalam bahasa Inggris diartikan sebagai lemari. Lewat poster ini di mahasiswa ingin menyindir anggota "kabinet" di DPR.




Tak jauh berbeda dengan spanduk yang dipasang di JPO dekat Kompleks DPR/MPR RI. "Maaf jalanan Anda terganggu. Sedang ada perbaikan reformasi." Aksi yang sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu ini sempat mengakibatkan ditutupnya akses jalanan dan beberapa halte Transjakarta.



Beberapa poster kreatif juga turut dibuat para mahasiswi yang rela mengikuti aksi walau harus mengorbankan produk perawatan kulit (skin care) mahal yang mereka gunakan demi NKRI.



Mereka juga membuat poster lucu karena rela riasan wajah luntur ketimbang keadilan negara yang luntur.



Aksi ini juga berlansung di sejumlah wilayah lainnya seperti Yogyakarta. Dengan tagar #GejayanMemanggil, para mahasiswa juga membuat poster kreatif.

Salah satunya yang mengatakan , "negara sudah darutat sampai introvert rela ikut demo". Introvert merupakan sebutan kepribadian seseorang yang senang menyendiri. Padahal, biasanya introvert tidak suka menghabiskan waktu di keramaian.

Selain itu, poster 'receh' soal patah hati pun tetap dibawa saat demo oleh para mahasiswa.





Pesan dalam poster lainnya juga turut menyinggung DPR dan Presiden Joko Widodo yang saat aksi demo mahasiswa sedang mulai bergerak, malah mengunggah vlog bersama cucunya.



Dalam sebuah foto yang diunggah oleh Youtuber Andovi da Lopez saat aksi Selasa lalu di depan DPR, dirinya berfoto bersama mahasiswa yang memegang poster unik tentang KPK.

"Salah satu poster ter-JENIUS di aksi damai mahasiswa hari ini depan gedung DPR. Kita anak muda harus kreatif," tulisnya di Instagram.

[Gambas:Instagram]

One Piece adalah salah satu komik yang digemari anak muda. Komik ini terkenal memiliki episode yang sangat panjang dan masih belum tamat bertahun-tahun.

Aksi demonstrasi mahasiswa di sejumlah kota kemarin menimbulkan korban luka. Pengamanan aksi demonstrasi di Jakarta, Bandung, Malang, Palembang menyebabkan sejumlah mahasiswa terluka.

Mahasiswa di berbagai kota di Indonesia melakukan aksi di sejumlah kota di Indonesia, Senin (23/9). Gerakan ini dimulai dengan populernya tagar #GejayanBergerak pada Minggu (22/9). Aksi Gejayan Bergerak kemarin dilakukan pada Senin siang pukul 13:00. Aksi ini lantas diikuti oleh aksi mahasiswa di beberapa kota lainnya.

Di Jakarta, mahasiswa menduduki berdemonstrasi di depan gedung DPR hingga Senin malam. Mahasiswa yang berdemonstrasi sempat bertemu dengan DPR dan memastikan hari ini akan ada aksi mahasiswa yang lebih besar di depan gedung parlemen. Mereka menyebut beberapa mahasiswa dari daerah lain akan bergabung dalam aksi tersebut. (eks)