Preview Tokyo Motor Show 2019

Yamaha Bocorkan Dua Skuter Listrik

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 15/10/2019 11:43 WIB
Yamaha Bocorkan Dua Skuter Listrik Yamaha E01 akan muncul di Tokyo Motor Show (TMS) 2019 berlangsung 21 Oktober sampai 4 November 2019. (Foto: Screenshot via web Global yamaha motor.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Yamaha menyiapkan kejutan dalam pameran otomotif Tokyo Motor Show (TMS) 2019 berlangsung 21 Oktober sampai 4 November 2019, yaitu dengan mengenalkan dua skuter matik (skutik) baru bertenaga listrik.

Skuter listrik pertama dinamai E01 dengan sokongan motor listrik yang semburan tenaganya setara mesin bensin 125 cc.

Klaim Yamaha motor itu lebih praktis dan minim suara. Menurut pabrikan, desainnya benar-benar baru dan tidak dimiliki skutik Yamaha lainnya.



Yamaha E02 berukuran compact.Yamaha E02 berukuran compact. (Foto: Screenshot via web Global yamaha motor.com)
Motor kedua yakni E02, produk skutik berukuran compact untuk digunakan di jalan perkotaan. Tenaga motor listriknya disebut setara mesin konvensional 50 cc.

Skutik ini punya bahasa desain berbeda dari E01. Ada sudut lancip di bagian depan, sementara peleknya dilabur warna merah menyala. Skutik ini hanya bisa membawa satu orang saja karena dimensinya terbatas.

Belum ada keterangan lain yang diberikan Yamaha melalui situs resminya terkait dua motor ini. Yang jelas E01 dan E02 itu statusnya masih konsep dan belum bisa dipastikan masuk jalur produksi atau justru sekadar produk showcase.


Membahas motor listrik Yamaha, pabrikan sebetulnya sudah memiliki motor listrik produksi, yakni E-Vino yang telah dijual di sejumlah negara namun belum dipasarkan di Indonesia.

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sempat mengenalkan produk tersebut pada 2017, namun hanya untuk penjajakan pasar. Motor pun diserahkan ke sejumlah perusahaan dan universitas di dalam negeri sebagai produk uji coba.


Di samping itu Yamaha juga akan memperkenalkan dua model baru YZF-R1 dan Tenere 700. R1 disebut telah mengalami pembaruan, namun tetap mempertahankan standar emisi gas buang setara Euro 6.

Sedangkan Tenerre 700 menjadi kuda besi bergaya petualang Yamaha yang ditenagai mesin dua silinder dengan kapasitas 689 cc. Menurut Yamaha, Tenerre 700 10 kg lebih ringan dari pendahulunya XT660Z.

[Gambas:Video CNN] (ryh/mik)