Andre Soelistyo & Kevin Aluwi, Pengganti Nadiem di Gojek

CNN Indonesia | Senin, 21/10/2019 15:34 WIB
Andre Soelistyo & Kevin Aluwi, Pengganti Nadiem di Gojek Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Dini Nur Asih)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gojek menunjuk Co-Founder Gojek Kevin Aluwi dan Presiden Gojek Andre Soelistyo untuk mengemban tugas sebagai Co-CEO Gojek. Keduanya akan berbagi tanggung jawab untuk menjalankan perusahaan dengan fokus membawa perusahaan ke tahap selanjutnya.

Gojek menyebut keduanya memiliki kedudukan setara. Namun, belum berkomentar soal tanggung jawab apa saja yang mereka bagi dalam memimpin perusahaan sebagai Presiden dan co-CEO. 

Berdasarkan profil LinkedIn miliknya, Andre mengampu pendidikan di University of Technology, Sydney. Ia mengantongi gelar Bachelor of Science in Information Technology (BSc) pada 2005.


Andre mengawali karier di Triputra Group sebagai management trainee pada 2005 hingga 2008. Ia kemudian direktur oleh PT Delta Dunia Makmur pada 2009. Di PT. Delta Dunia Makmur, Tbk ia menjabat sebagai Head of Corporate Finance selama dua tahun.

PT. Delta Dunia Makmur, Tbk  adalah perusahaan induk dari Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), yang merupakan perusahaan kontraktor penambangan batu bara terbesar kedua di Indonesia.

Beberapa produsen batu bara terbesar di Indonesia yang menjadi konsumen BUMA, antara lain Berau Coal, Adaro Indonesia, Kideco Jaya Agung, Kaltim Prima Coal, dan beberapa anak perusahaan Bayan Resources.

Northstar Tambang Persada Ltd. kini memiliki 38 persen kepemilikan Delta Dunia. Perjalanan karier Andre kemudian berlanjut ketika bergabung sebagai presiden direktur Northstart Group selama tujuh tahun.

Baru pada 2016, Andre bergabung dengan Gojek sebagai President. Terhitung mulai 21 Oktober 2019, Andre bersama Kevin akan bersama-sama menakhodai Gojek.

Sementara Kevin mengampu pendidikan University of Southern California - Marshall School of Business di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Ia lulus dari universitas tersebut dengan gelar Bachelor of Corporate Finance, Entrepreneurship, and International Relations

Ia mengawali karir dengan bekerja di Amerika Serikat selama 1,5 tahun. Pada 2012 ia memutuskan untuk pulang ke Indonesia. Ia kemudian bekerja di perusahaan inkubator startup Merah Putih yang merupakan anak usaha Djarum. Selanjutnya ia bekerja di Zalora dan e-commerce ini ia bertemu dengan Nadiem.

Kevin bersama dengan Nadiem melahirkan Gojek pada 2013. Seak saat itu menjabat sebagai Chef Financial Officer (CFO) Gojek hingga saat ini ia duduk sebagai CO-CEO.


Catatan Redaksi: Judul berita ini diubah setelah mendapat klarifikasi dari narasumber. Sebelumnya berjudul "Andre Soelistyo, Nakhoda Gojek Pengganti Nadiem Makarim".


[Gambas:Video CNN] (jnp/evn)