Penampakan Mobil Pertama Kia Usai Diambil Alih Indomobil

CNN Indonesia | Selasa, 22/10/2019 11:37 WIB
Penampakan Mobil Pertama Kia Usai Diambil Alih Indomobil Kia Picanto. (www.kia.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Produk pertama Kia sejak kegiatan bisnisnya di Indonesia diambil alih Kreta Indo Artha pada Mei 2019 mulai menampakkan diri. Produk itu adalah generasi baru mobil kota Picanto yang muncul di situs resmi perusahaan.

Dari penampakannya di situs itu, generasi baru Picanto tampil berbeda dan terdapat sunroof di atapnya. Mobil terkecil Kia di dalam negeri ini menggendong mesin 1.200 cc yang tersedia dalam pilihan transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.

Dimensi Picanto terbaru, berdasarkan keterangan di situs tersebut, memiliki panjang 3.595 mm, lebar 1.595 mm, tinggi 1.495, dan ground clearance 151 mm.



Penampakan Mobil Pertama Kia Usai Diambil Alih IndomobilPenampakan generasi baru Kia di situs resmi. (www.kia.com)
Masih dalam situs tersebut, Picanto bakal dijual dalam empat varian. Rinciannya yakni EX MT Rp205,5 juta, EX AT Rp220,5 juta, GT MT Rp217,5 juta, dan GT AT Rp232,5 juta.

Kreta Indo Artha belum mau memberi keterangan terkait perkembangan Kia di dalam negeri. Presiden Direktur Kreta Indo Artha berdasarkan akta perusahaan, Andrew Nasuri, yang dihubungi CNNIndonesia.com enggan menyampaikan informasi.

Ario Soerjo, mantan S‎ales & Marketing Division Head Renault Indonesia yang diminta merawat masa awal Kreta Indo Artha juga tidak terbuka soal perkembangan.

"Saya belum bisa kasih pernyataan apa-apa saat ini," kata Ario.

Kreta Indo Artha merupakan perusahaan patungan antara Indomobil Sukses Internasional dan Sarimitra Kusuma Ekajaya (SKE). Indomobil menguasai 60 persen saham Kreta Indo Artha, dan sisanya milik SKE.

Target awal Kreta Indo Artha akan beroperasi pada Oktober, namun diprediksi molor hingga bulan depan. Pihak Indomobil sebelumnya juga menjanjikan mengumumkan struktur organisasi baru pada September 2019.

Kreta Indo Artha diketahui memiliki kantor di Wisma Indomobil di Jalan MT Haryono, Jakarta. (ryh/fea)