Toyota Sudah Serahkan Mobil Dinas Menteri ke Negara

CNN Indonesia | Selasa, 22/10/2019 09:28 WIB
Toyota Sudah Serahkan Mobil Dinas Menteri ke Negara Toyota Crown 2.5 HV G-Executive. (Dok. toyota.jp)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota Astra Motor (TAM) melalui dealer utama Auto2000 mengaku sudah menyerahkan mobil dinas menteri 101 unit Crown 2.5 HV G-Executive terbaru kepada negara. Sedan premium buatan Jepang itu bakal digunakan menteri anggota kabinet Joko Widodo periode 2019-2024 dan pejabat lainnya.

"Kami sudah kirim ke dealer dan dari dealer sudah diserahterimakan ke pemerintah," kata Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmy saat dihubungi lewat pesan singkat, Senin (21/10).

Sedan hybrid Toyota itu diketahui merupakan bagian dari pengadaan mobil dinas menteri yang diselenggarakan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Pengadaan itu, yang digelar melalui Sistem Tender Umum dimenangkan Astra International, salah satu pemilik TAM.


Total pengadaan mobil itu mencapai Rp152.5 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019.

Anton menambahkan, serah terima Crown kepada negara sudah dilakukan pada akhir September 2019. Sempat dikabarkan Kemensetneg meminta tambahan mobil menteri sebanyak tiga unit, namun Anton menjelaskan hal itu masih menunggu kepastian.

"Masih menunggu, belum ada info lagi," kata Anton.

Jokowi rencananya mengumumkan nama-nama menteri pada Rabu (23/10). Namun sejak Senin (21/10) beberapa kandidat sudah mulai dipanggil ke Istana Merdeka, rencananya CEO Gojek Nadiem Makarim, Komisaris Utama PT Net Mediatama Televisi Wishnutama, Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 sekaligus pengusaha media di Indonesia, Erick Thohir, dan Prabowo Subianto. (ryh/fea)