Rudiantara Resmi Serahkan Jabatan Menkominfo ke Johnny Plate

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 13:35 WIB
Rudiantara Resmi Serahkan Jabatan Menkominfo ke Johnny Plate Rudiantara (kiri) serahkan jabatan kepada Johnny G. Plate (kanan) (CNN Indonesia/ Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Johnny Gerard Plate resmi menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) periode 2019-2024 dalam Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Johnny resmi menjadi Menkominfo setelah melakukan upacara serah terima jabatan (sertijab) dengan mantan Menkominfo Rudiantara di Gedung Kemenkominfo.

"Saya akan lakukan kelanjutan program yang telah dibangun. Dalam yang baik yang ditindak lanjuti adalah akselerasi. Dan penyesuaian mari kita koreksi untuk kepentingan masa kini dan masa depan," kata Johnny dalam upacara sertijab di Gedung Kemenkominfo, Rabu (23/10).


Upacara sertijab dihadiri oleh Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail, Dirjen Penyelenggaran Pos dan Informatika Ahmad M. Ramli, dan Direktur Utama TVRI Helmi Yahya.

Tak hanya itu, sertijab juga dihadiri oleh pelaku bisnis komunikasi seperti Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini, Wakil Direktur Utama PT Hutchison 3 Indonesia Danny Buldansyah hingga Komisaris Trans Corp Ishadi Soetopo Kartosapoetro. 

"Ada orang suka, dukung pak Johnny. Yang tidak suka saya, ini jadi kesempatan mendukung pengganti saya, Pak Johnny," kelakar Rudiantara.

Politisi dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) Johnny G. Plate resmi dilantik sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) periode 2019-2024 Kabinet Kerja Jilid II. Johnny merupakan politisi partai Nasional Demokrat yang menduduki jabatan sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Nasdem sejak 2017.

Pria kelahiran Ruteng, Nusa Tenggara Timur, 10 September 1956 ini juga sempat menjabat sebagai Anggota Komisi XI DPR RI periode 2014-2019 mewakili daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur I. Komisi XI sendiri membidangi masalah keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan. 

Saat ini Johnny tercatat sebagai komisaris PT Indonesia Air Asia, Komisaris PT Mandosawu Putratama Sakti yang bergerak dibidang properti, dan Komisaris Utama PT Aryan Indonesia (Kidzania). (jnp/evn)