Laporan Dari Jepang

Model Konsep Listrik Pertama Lexus

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 11:42 WIB
Model Konsep Listrik Pertama Lexus Lexus LF-30 menjalani debut dunia di Tokyo Motor Show 2019 berlangsung di Tokyo, Jepang mulai 23 Oktober sampai 4 November. (Foto: CNN Indonesia/Muhammad Ikhsan)
Tokyo, CNN Indonesia -- Lexus LF-30 menjalani debut dunia di Tokyo Motor Show 2019 mulai 23 Oktober sampai 4 November LF merupakan singkatan dari Lexus Future atau mobil masa depan Lexus. LF-30 model konsep listrik pertama Lexus.

Mobil ini mengusung tema "Lexus Electrified" yang menargetkan lompatan besar perusahaan di industri otomotif global dalam menghadirkan kenikmatan berkendara.

Untuk mewujudkan hal ini, pabrikan menyematkan teknologi otonom (bergerak otomatis tanpa sopir) dan empat penggerak motor listrik ditempatkan di empat roda.


Penggunaan penggerak motor listriknya bisa diatur sesuai kebutuhan, bisa penggerak roda depan, penggerak roda belakang, atau penggerak semua roda (AWD).
Sebagai generasi terbaru BEV (Battery Electric Vehicle), LF-30 menggunakan teknologi pengisian daya nirkabel. Sistem pengisian baterai seperti ini diyakini merupakan proses pengisian daya baterai pada mobil-mobil listrik di masa depan.

"Konsep LF-30 Electrified mewujudkan visi elektrifikasi Lexus di dunia," kata Project General Manager Lexus International Takeshi Watanabe di Tokyo, Jepang, Rabu (23/10).

Bagi perusahaan, teknologi elektrifikasi saja tidak cukup. Konsumen butuh kendaraan yang 'menyenangkan' untuk diajak memenuhi aktivitas keseharian.

Lexus LF-30 punya sistem buka pintu ke atas atau disebut 'gullwing'.Lexus LF-30 punya sistem buka pintu ke atas atau disebut 'gullwing'. (Foto: Dok. Lexus)

Permintaan itu dijawab oleh perusahaan dengan menyajikan fitur penopang interface atau sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi kendaraan seperti gesture control (kontrol gerakan) dan penyajian informasi kendaraan melalui AR (augmented reality).

Untuk interiornya khusus untuk kursi penumpang didesain seperti jok pesawat jet. Desain ini memungkinkan pengemudi menikmati berkendara secara ideal.

Lexus berencana untuk meluncurkan BEV pertamanya pada November 2019.

Di samping itu perusahaan punya misi memperbanyak line up kendaraan listriknya dengan meluncurkan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) dan BEV dalam beberapa tahun mendatang. Pada 2025, Lexus meyakini akan memiliki versi listrik dari setiap model yang dijual.

Data teknis LF-30:

Panjang: 5.090 mm
Lebar: 1.995 mm
Tinggi: 1.600 mm
Jarak sumbu roda: 3.200 mm
Berat: 2.400 kg
Jarak jelajah dengan satu kali pengisian: 500 km
Kapasitas baterai: 110 kWh
Akselerasi 0-100 km dalam waktu 3,8 detik
Kecepatan maksimum: 200 km per jam
Torsi: 700 Nm (dari keempat motor listrik) (mik)


BACA JUGA