LAPORAN DARI JEPANG

Bos Toyota Bayangkan Mobil Masa Depan Seperti Kuda

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 17:24 WIB
Bos Toyota Bayangkan Mobil Masa Depan Seperti Kuda Presiden Direktur Toyota Motor Corp Akio Toyoda dalam kata sambutan di Tokyo Motor Show 2019. (Foto. Dok. Toyota)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Direktur Toyota Motor Corp Akio Toyoda mengatakan mobil-mobil di masa depan akan dilengkapi teknologi yang mengerti pengemudi. Menurutnya mobil akan tersedia fitur yang mengerti pengemudi, ibarat 'kuda' yang mengerti penunggangnya.

Dia menjelaskan fitur mobil masa depan akan lebih canggih dan berbeda dengan mobil yang dijual saat ini.

"Kelahiran mobil menyebabkan 15 juta kuda digantikan oleh mobil di Amerika Serikat. Kuda dapat berkomunikasi dengan orang-orang dan hati mereka. Bagi orang yang mengendarai mereka [kuda], kuda tidak tergantikan. Melalui evolusi kecerdasan buatan, saya pikir mobil juga dapat berkomunikasi dengan orang-orang dan hati mereka," kata Toyoda di Tokyo, Jepang, Rabu (23/10).


Salah satu contoh kuda yang diibaratkan seperti kendaraan adalah Toyota LQ Concept yang muncul di Tokyo Motor Show 2019.

LQ dilengkapi Artificial Intelligence (AI) "Yui" hasil pengembangan Toyota Research Institute (TRI) yang di dalamnya meliputi teknologi mobil otonom (mobil bergerak otomatis tanpa sopir) dan fitur yang mengerti perasaan pengemudi.

"Itu benar, saya pikir mobil masa depan akan seperti kuda. Dan apa yang orang inginkan dari "kuda kesayangan" adalah komunikasi yang tulus dan kegembiraan karena bergerak bersama," ucap Toyoda.

Toyoda sendiri memberi "isyarat" bahwa proses berkendara di masa depan akan sangat menyenangkan berkat hubungan yang kuat antara mobil dan pengemudi.

"Saya akan mengatakan bahwa ini artinya bahwa masyarakat mobilitas masa depan akan menjadi masyarakat di mana "kuda kesayangan" hidup berdampingan," tukas Toyoda.

Toyota Buktikan Sebagai Perusahaan Mobilitas

Di TMS 2019, Toyota mengusung tema "Mobility Theme Park" dengan tagline "Mobility for All" yang inovatif dengan hanya menampilkan kendaraan masa depan.

Bersamaan dengan pameran bergengsi TMS, perusahaan menampilkan nuansa baru di stan mereka yang terletak di Aomi, Tokyo.

Pantauan CNNIndonesia.com, stan Toyota memajang sejumlah kendaraan pintar mengusung konsep mobilitas mulai e-Palette, e-Care, e-Broom (robot sapu), e-4me, e-Trans dan mobil balap e-Racer. (mik/mik)