LAPORAN DARI JEPANG

Generasi Baru Honda Jazz Meluncur di 'Samping' Toyota Yaris

CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 13:31 WIB
Generasi Baru Honda Jazz Meluncur di 'Samping' Toyota Yaris Generasi keempat Honda Fit meluncur di Tokyo Motor Show 2019. (CNN Indonesia/ M. Ikhsan)
Tokyo, CNN Indonesia -- Generasi keempat Honda Fit atau yang dikenal di Indonesia bernama Jazz resmi meluncur untuk pertama kali di dunia pada ajang Tokyo Motor Show, Rabu (23/10), yang digelar di Tokyo Big Sight dan Odaiba Area. Mobil yang bakal dijual di Jepang pada awal 2020 ini meluncur bersamaan pengenalan publik generasi baru Yaris di stan Toyota.

Dari penampakan di stan Honda yang terletak di West Exhibition Hall, Fit terlihat telah dirombak total dengan desain lebih membulat. Arah desain seperti itu terkesan mirip dengan generasi baru Yaris yang ada di stan Toyota di Venus Sport Odaiba.

Honda mengklaim seluruh ubahan pada Fit tetap mengutamakan kelegaan pada bagian kabin. Beberapa fitur baru sudah tersemat misalnya front wide view camera serta eight sonar sensors mounted yang terdapat pada bagian depan dan belakang kendaraan sebagai fitur baru dari Honda Sensing.


Honda Fit ini juga dilengkapi fitur CMBS (Collision Mitigation Braking System) sebagai fitur standar pada semua variannya. Selain itu Fit menjadi model pertama Honda yang menggunakan Honda Connect atau modul on-board communication.

Ada tiga pilihan menu pada Honda Connect, yaitu remote control yang dapat diaktifkan via ponsel, emergency support service yang menghubungkan kendaraan ke instansi penting misal terjadi kecelakaan, dan security rush hour service untuk mendeteksi situasi atau gejala abnormal kendaraan.

Pada kabin depan Fit menggunakan generasi baru body stabilizing seat yang sebelumnya diaplikasikan Honda pada sedan kelas atas. Menurut Honda struktur jok baru ini memberi kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang saat perjalanan. Pada kursi belakangnya juga dibuat lebih nyaman karena struktur bangku yang lebih tebal.

Tidak disebutkan apakah ada ubahan pada pada sektor mesin, namun Honda memberikan Fit varian hibrida. Honda juga belum mengumumkan spesifikasi rinci mobil ini, termasuk soal harga. Walau begitu diketahui Fit bakal tersedia lima varian.

Belum ada pernyataan resmi dari Agen Pemegang Merek di Indonesia, Honda Prospect Motor, terkait kemungkinan generasi baru Jazz dijual di Tanah Air. (ryh/fea)