Jelang Halloween, NASA Bagikan Foto Matahari Menyeramkan

CNN Indonesia | Rabu, 30/10/2019 12:47 WIB
Jelang Halloween, NASA Bagikan Foto Matahari Menyeramkan Foto matahari dengan pola mirip labu Jack o' Lantern yang menyeramkan jelang Halloween (NASA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) bagikan gambar fenomena di luar angkasa untuk memperingati perayaan Halloween. Salah satunya yakni gambar matahari yang terlihat seperti labu ukir menyeramkan khas Halloween yang dikenal sebagai Jack-o'-lantern.

Melalui akun Twitter resmi, NASA memberikan tautan gambar matahari tersebut dengan resolusi tinggi. Gambar tersebut diambil menggunakan satelit Solar Dyanamics Observatory (SDO).




Gambar yang diambil pada Oktober 2014 lalu itu menunjukkan matahari dalam cahaya ultraviolet. Terlihat cahaya yang lebih terang seakan membentuk mata dan mulut seperti pada jack-o'-lantern. NASA mengatakan kemiripan tersebut disebabkan oleh "daerah aktif" yang tampak lebih cerah karena memancarkan lebih banyak cahaya dan energi.
Jelang Halloween, NASA Bagikan Foto Matahari MenyeramkanLabu Jack o' Lantern yang digambar seperti muka yang menyeramkan pada perayaan Halloween (Istockphoto/RomoloTavani)


"Gambar ini memadukan dua set panjang gelombang ultraviolet ekstrim pada 171 dan 193 Angstrom, biasanya diwarnai emas dan kuning, untuk menciptakan penampilan yang mirip Halloween," kata NASA dikutip dari Sky News.

Selain matahari, NASA juga mengunggah gambar lainnya yang sesuai dengan perayaan Halloween pada 31 Oktober besok hari.

Gambar kedua tersebut menunjukkan dua galaksi yang saling bertabrakan. NASA kemudian menyebutnya sebagai 'ghostly apparition'.



Dilansir dari NBC News, gambar yang diambil menggunakan teleskop Hubble itu memperlihatkan tabrakan langsung yang memberi galaksi struktur cincin selama sekitar 100 juta tahun.

Fenomena tersebut merupakan keadaan kosmik yang langka. Dalam waktu sekitar 1 atau 2 miliar tahun, kedua galaksi itu akan sepenuhnya bergabung. (ndn/age)