Honda Indonesia Masih Baca Peluang Jual Jazz Baru

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 01/11/2019 15:49 WIB
Honda Indonesia Masih Baca Peluang Jual Jazz Baru Honda Fit/Jazz di Tokyo Motor Show 2019 berlangsung di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang. (Foto: CNN Indonesia/Muhammad Ikhsan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Honda Motor Co., Ltd meluncurkan Honda Fit baru untuk pertama kalinya di dunia pada Tokyo Motor Show atau TMS 2019 pada pekan lalu. Fit di Indonesia dikenal sebagai Honda Jazz.

Menanggapi peluncuran Fit di Jepang, Honda Prospect Motor (HPM) mengaku masih mengkaji peluang generasi baru Fit untuk mengaspal di Tanah Air.

"Kami masih study dan belum diputuskan apakah dan kapan Fit Japan itu dibawa ke Indonesia," kata Business Innovation and Marketing and Sales Director HPM Yusak Billy ketika dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Jumat (1/11).


Fit sebagai pesaing Toyota Yaris mengalami perubahan besar pada eksterior dan interior.

Selain ubahan eksterior yang lebih 'membulat', berbagai fitur terkini juga disematkan pada mobil itu misalnya front wide view camera serta delapan sonar sensors mounted pada bagian depan dan belakang kendaraan sebagai fitur baru dari Honda Sensing.

Bukan hanya itu ada pula pilihan mesin hibrida pada generasi baru Fit.

Di Indonesia, Jazz terakhir mengalami sentuhan penyegaran pada 2017. Namun tampilan luar desain tak terlalu beda dari generasi sebelumnya.

Jazz diproduksi di pabrik kedua HPM di Karawang, Jawa Barat yang memiliki kapasitas produksi 120 ribu unit per tahun. Line produksi dua itu juga memproduksi Brio, BR-V, dan Mobilio.

Yusak menuturkan untuk meluncurkan model baru Fit harus menjalani proses cukup panjang. Hal ini juga tergantung keputusan prinsipal usai melihat hasil kajian terkait peluang Fit masuk Indonesia.

Sementara itu, sampai kapan kajian tersebut selesai, Yusak tidak membeberkannya.

"Jadi selama menunggu keputusan itu, Jazz model sekarang ini masih tetap diproduksi dan dipasarkan di Indonesia," ucapnya.

Sebagai informasi saat ini penjualan Jazz mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari-September 2019 berjumlah 8.481 unit. Sementara disepanjang tahun lalu Honda berhasil melego 14.270 unit.

[Gambas:Video CNN] (ryh/mik)