Google Doodle Rayakan Hari Ayah Nasional

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 12/11/2019 11:01 WIB
Google Doodle Rayakan Hari Ayah Nasional Google doodle hari ayah di Indonesia (google)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google hari ini menampilkan Doodle khusus untuk merayakan hari ayah nasional di Indonesia yang jatuh pada 12 November. Untuk merayakan hari ayah, Google Doodle hari ini menampilkan kedekatan seekor bebek jantan dengan anak-anaknya.

Terdapat tiga video yang bisa dipilih pada Google Doodle ini yang menggambarkan momen ketika sang ayah tengah bermain dengan keenam anaknya.

Serupa dengan hari Ibu, perayaan hari ayah memang tidak menjadi hari libur nasional di Indonesia. Namun, menjadi peringatan atas kontribusi ayah dalam keluarga dan masyarakat. Saat ini, kebanyakan negara memiliki hari khusus untuk merayakan hari ayah.


Di seluruh dunia, perayaan hari ayah dilakukan pada waktu berbeda. Di Eropa, perayaan hari ayah jatuh pada 19 Maret sejak abad pertengahan sekitar tahun 1508. Perayaan ini lantas dibawa oleh bangsa Spanyol dan Portugis ke Amerika Latih.

Sementara di Amerika Serikat, perayaan hari ayah jatuh pada minggu ketiga Juni mulai tahun 1900. Dari negara ini, perayaan tersebut lantas meluas ke negara-negara lainnya.

Sebagian besar negara di dunia memang merayakan hari ayah bersamaan dengan waktu yang ditetapkan oleh AS ini. Sehingga membuat bulan Juli menjadi pilihan terpopuler berbagai negara di dunia untuk merayakan hari ayah.

Pada bulan November, Indonesia merayakan hari ayah bersama dengan beberapa negara seperti Estonia, Finlandia, Islandia, Norwegia, dan Swedia.

Di Thailand, hari ayah dirayakan bersamaan dengan ulang tahun Raja Bhumibol pada 5 Desember. Hanya negara ini yang merayakan hari ayah di bulan tersebut. Sementara negara-negara Timur Tengah memilih bulan April untuk merayakan hari Ayah pada 13 Rajab. Pilihan waktu ini dikaitkan dengan kelahiran Ali Ibn Abi Talib, sepupu Nabi Muhammad.

[Gambas:Video CNN] (eks)