Cara Kompres File PDF Agar Cepat Unggah Dokumen CPNS 2019

CNN Indonesia | Rabu, 13/11/2019 07:52 WIB
Cara Kompres File PDF Agar Cepat Unggah Dokumen CPNS 2019 Ilustrasi (Istockphoto/Diego_cervo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cara untuk kompres atau mengecilkan file PDF penting dilakukan. Terutama agar jenis file yang kerap diminta sebagai bukti dokumen ini tidak berat ketika diunggah. Misalnya saat digunakan sebagai syarat untuk mengikuti tes tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

situs pendaftaran tes CPNS sejak Senin malam (11/11) oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Para pemburu lowongan kerja di Kementerian/Lembaga (K/L) berlomba-lomba untuk mendaftar dan mengunggah seluruh dokumen sebagai syarat ikut tes.

Pengamat Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Pratama Persadha menyarankan agar peserta menyiapkan file dokumen dengan ukuran yang tidak besar. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pendaftaran dan mencegah kelumpuhan situs sscn.bkn.go.id.

Lantas karena banyaknya file yang harus diunggah, ukuran file pasti akan besar. Akan tetapi, peserta CPNS bisa melakukan kompres file PDF lewat perangkat lunak Adobe Acrobat DC.


1. Buka Optimize PDF tool
Untuk mengurangi ukuran file PDF, Anda membuka Tools Center. Buka tab Tools di kiri atas, kemudian cari fitur Optimize PDF tool.

2. Pilih File Yang Akan Dikompres
Setelah membuka Optimize PDF tool, Anda bisa memilih file format PDF apapun yang akan di kompres. Klik buka file.

3. Pilih Reduce File Size (kurangi ukuran file)
Setelah membuka dokumen, pilih Reduce File Size. Klik OK kemudian Anda bisa simpan file tersebut.

[Gambas:Video CNN]


Selain melalui Adobe Acrobat DC, berbagai situs juga menyediakan jasa kompres file PDF gratis, seperti:

https://pdfcandy.com/compress-pdf.html
https://www.pdfaid.com/compress-pdf-file.aspx
https://smallpdf.com/id/mengompres-pdf

Rata-rata situs ini mempunyai cara mengompres file PDF yang sama. Cara kompres file PDF online sebagai berikut:

1. Unggah file PDF yang akan dipepatkan.

2. Pilih berapa kecil file akan dikompres

Sebagian situs menyediakan pilihan untuk memilih seberapa besar file akan dikompres. PDF Aid adalah salah satu situs kompres PDF online gratis yang menyediakan opsi seberapa kecil pengurangan besar file bagi pengguna.

Sementara situs kompres PDF lain biasanya memberikan ukuran file kompres otomatis. Hal ini dilakukan oleh PDF Candy dan Small PDF.

3. Simpan hasil kompresi

Untuk menyimpan hasil kompresi, situs pendaftaran CPNS 2019 biasanya memberikan pilihan. Anda bisa menyimpan di penyimpanan komputer atau disimpan di penyimpan awan.

(jnp/eks)