Desain Xpander Cross Bukan Buat Nissan Livina

fea, CNN Indonesia | Selasa, 12/11/2019 21:21 WIB
Desain Xpander Cross Bukan Buat Nissan Livina Mitsubishi Xpander Cross. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Desain varian termahal Xpander, Xpander Cross, merupakan eksklusif milik Mitsubishi. Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengatakan saat ini tidak ada rencana mengaplikasikan desain itu buat produk merek aliansi, yaitu Nissan dan Renault.

Seperti telah diketahui, Nissan memiliki produk bernama Livina yang dirancang menggunakan platform Mitsubishi Xpander. Livina dan Xpander, begitu pula Xpander Cross, lahir di pabrik yang sama, yakni di pabrik Mitsubishi di Bekasi, Jawa Barat.

"Sampai saat ini kami masih belum ada rencana untuk memproduksi crossover ini untuk aliansi lainnya, baik itu Nissan atau Renault. Tidak rencana sama sekali," kata CEO MMC yang baru Takao Kato di acara peluncuran Xpander Cross di Jakarta, Selasa (12/11).


Kato menjabat sebagai CEO MMC sejak Juni, dia menggantikan pejabat sebelumnya Osamu Masuko. Sebelum ditunjuk menjadi CEO MMC, Kato menduduki peran sebagai Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, operator pabrik Mitsubishi di Bekasi.

Mitsubishi menawarkan Xpander Cross buat menambah jangkauan konsumen Xpander sampai ke peminat low SUV. Kendati desainnya seperti SUV, habitat asli Xpander Cross tetap sama seperti Xpander yakni low MPV.

Pernyataan Kato menenggelamkan peluang Livina punya desain seperti Xpander Cross. Ini berarti Nissan tidak bisa mengembangkan pasar Livina sama seperti yang dilakukan Mitsubishi pada Xpander.

Kanibal

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah memprediksi Xpander Cross bakal memakan potensi penjualan Xpander. Meski demikian risiko kanibal seperti itu diterima.

"Kanibalisasi antara produk Xpander Cross dan Xpander itu pasti ada. Tapi sebenarnya kanibalisasi ini bukan urusan konsumen karena urusan konsumen adalah yang kami ingin lakukan adalah memberikan lebih banyak varian sehingga bisa memilih dengan produk dengan variasi yang lebih banyak, biarkan itu menjadi tanggungan Mitsubihsi Motors," kata Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura. (fea)