Fitur Baru NMax, Modal Yamaha Redupkan PCX dan ADV 150

CNN Indonesia | Senin, 02/12/2019 19:14 WIB
Fitur Baru NMax, Modal Yamaha Redupkan PCX dan ADV 150 Yamaha Nmax. (CNNIndonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Yamaha resmi meluncurkan penyegaran Nmax yang sudah diubah segi desain, penambahan fitur, bahkan mesin dengan peningkatan tenaga. Nmax ini menjadi modal baru Yamaha tahun depan untuk mengganyang Honda PCX dan ADV 150.

Dalam segi desain terlihat ubahan pada bagian 'wajah'. Lampu sein pun kini diletakkan terpisah, disematkan pada bagian 'sayap'. Kemudian buntut Nmax desainnya juga berbeda. Tampak bagian belakang Nmax memadukan desain Tmax dan Xmax. Lampu utama dan belakang juga sudah menggunakan teknologi LED.

Fitur baru lain yang ada pada Nmax, yaitu Smart Key System yang merupakan sistem tanpa anak kunci (Keyless). Lalu soket pengisian daya telepon genggam pada kompartemen depan.


Terdapat juga fitur Handlebar Switch Control yang memudahkan pengendara memilih tampilan informasi dan setting pada speedometer dengan tombol pengatur pada handle sebelah kiri. Untuk tipe Antilock Braking System (ABS) kini fitur tersebut tersedia dengan dua channel.


Fitur anyar lain yang diklaim hanya ada pada Nmax yaitu Comunication Control Unit (CCU). Fitur tersebut berfungsi mengkoneksikan skutik Nmax dengan telepon pintar pengguna jika sudah mendonload aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis bluetooth.

Fitur tersebut bisa digunakan pengguna untuk mengetahui kondisi motornya melalui telepon pintar, namun harus  dahulu mendownload aplikasi Y-Connect di Appstore.

Beberapa kondisi yang bisa terpantau melalui fitur tersebut antaranya konsumsi bahan bakar, kerusakan teknis pada motor, mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu) serta memberikan rekomendasi untuk maintenance.

Yamaha juga menyebutkan bila sektor dapur pacu mengalami peningkatan daya. Penjelasan General Manager After Sales & Motor Sports Yamaha Indonesia Motor Manufacturing(YIMM) M Abidin tenaga mesin 155 cc Nmax naik 0,3 ps.

[Gambas:Video CNN]

Mesin baru All New Nmax 155 memiliki desain baru air cleaner box yang besar, desain new cylinder head dengan katup intake besar, serta desain ruang bakar (combustion chamber) yang compact dan menggunakan piston YZF-R15.

"Karena piston pake punya R15. Silinder head juga baru, karena katup ukuran dari 19,5 mm jadi 20,5 mm jadi kompresi rasio dari 10.5 jadi 11,6," kata Abidin di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (2/12).

Mesin Yamaha ini juga masih menggunakan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA) untuk menjaga mesin tetap efisien bahan bakar dan tenaga serta torsi maksimum di setiap putaran mesin.

Fitur Baru Nmax, Modal Yamaha Redupkan PCX dan ADV 150Yamaha Nmax. (CNNIndonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Kemudian Stop & Start System (SSS) yang berfungsi menjaga konsumsi bahan bakar agar tetap efisien, serta didukung Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

Mesin ini juga dilengkapi Traction Control System (TCS). Diklaim Yamaha fitur ini yang pertama digunakan pada skutik sekelas Yamaha. TCS pun berfungsi mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.


Harga Yamaha Nmax terbaru belum bisa diumumkan saat ini. Executive Vice President Director m YIMM Dionysius Beti mengatakan bandrol motor ini baru bakal diungkap beberapa waktu mendatang. Diperkirakan harga Nmax 2020 mulai dari Rp30 jutaan.

Berikut data teknis Yamaha Nmax 2020:

Panjang: 1.935 mm.
Lebar: 740 mm.
Tinggi: 1.160 mm
Jarak sumbu roda: 1.340 mm.
Jarak terendah ke tanah: 124 mm.
Tinggi tempat duduk: 765 mm.
Kapasitas tangki: 7,1 liter.

Tipe mesin: pendingin cairan, 4 stroke, SOHC, VVA 1 silinder.
Diameter x langkah: 58 mm x 58,7 mm.
Besar silinder: 155 cc.
Perbandingan kompresi: 11,6:1.
Daya maksimum: 11,3 kw atau 15,1 hp pada rpm 8.000.
Torsi maksimum: 13,9 Nm pada rpm 6.500.

(ryh/DAL)