Ertiga Buatan Cikarang Raih 4 Bintang Uji Tabrak ASEAN NCAP

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 09/12/2019 18:10 WIB
Ertiga Buatan Cikarang Raih 4 Bintang Uji Tabrak ASEAN NCAP Suzuki Ertiga cuma meraih 4 bintang ASEAN NCAP. (Foto: Dok. Suzuki Indomobil Sales)
Jakarta, CNN Indonesia -- New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP) mengumumkan hasil uji tabrak Suzuki Ertiga yang digelar pada Agustus 2019. Ertiga secara keseluruhan meraih 4 bintang dari penilaian adult occupant, child occupant, dan safety assist.

Kendati demikian, MPV Ertiga berhasil meraih rating lima bintang khususnya dalam kategori child occupant protection. Ini karena mobil ditopang sejumlah fitur keselamatan seperti kantong udara, dan seat belt guna mengurangi cedera penghuni kabin ketika mobil bertumbukan.

Hasil uji coba Ertiga ASEAN NCAP dua bulan lalu lebih baik dari Ertiga buatan India yang cuma dapat tiga bintang saat uji coba Global NCAP (New Car Assessment Program) beberapa waktu lalu.


Uji tabrak Suzuki Ertiga.Uji tabrak Suzuki Ertiga. (Foto: aseancap.org)
"Performa Ertiga dalam uji tabrak ASEAN NCAP tidak hanya membuktikan keandalan fitur, tetapi juga ketahanan produk yang dibuat dan dirakit di pabrik Suzuki Cikarang," kata 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Dony Saputra dalam keterangan resmi dikutip, Senin (9/12).

Ertiga ditampuk empat bintang saat melindungi penumpang dewasa karena pengendara dan penumpang dewasa terlindungi dari sisi depan berkat dual airbag dan seat belt 3 point dengan teknologi Pretensioners & Force Limiters, atau fitur yang mampu menahan tubuh saat terjadi benturan.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, pesaing Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza itu berhasil meraih rating 5 bintang untuk kategori perlindungan anak-anak. Ini karena dilengkapi fitur ISOFIX atau untuk menjaga posisi car seat saat terjadi benturan.

Ertiga ditopang anti-lock brake system dan electronic stability control serta electronic brake force distribution. Dua fitur itu membuat mobil meraih 4 bintang untuk kategori safety assist. (ryh/mik)


BACA JUGA