Tips Selamatkan Barang Elektronik di Rumah Usai Banjir

CNN Indonesia | Jumat, 03/01/2020 20:18 WIB
Tips Selamatkan Barang Elektronik di Rumah Usai Banjir Sejumlah perangkat elektronik terendam banjir. (CNN Indonesia/ Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia -- Memasuki hari ketiga banjir Jakarta 2020, warga Jakarta masih dihantui perasaan cemas karena potensi luapan air besar akibat curah hujan tinggi dan banjir kiriman dari dataran tinggi seperti Bogor.

Hujan besar pada malam pergantian tahun baru mengakibatkan beberapa wilayah ibu kota tergenang air. Perabotan rumah tangga seperti pendingin ruangan, kulkas, atau oven, bisa terendam air hingga rusak.

Dilansir dari berbagai situs, berikut cara memberikan pertolongan pertama terhadap perabotan rumah tangga elektronik yang terendam air.


1. Kompor
Untuk langkah pertama, Anda sebaiknya melepaskan kompor dari gas dan buka penutup kompor agar insulasi bisa lebih cepat mengering. Biarkan insulasi mengering sebelum menyalakan kompor.

Apabila kenop kompor dan rheostat basah, Anda harus menggantinya. Permukaan interior kompor juga harus dibersihkan dengan disinfeksi. Anda juga disarankan menyalakan kompor untuk membasmi bakteri dan menghilangkan kelembapan di dalam kompor.

Selanjutnya, Anda disarankan untuk memanggil teknisi untuk memeriksa kondisi kompor. Dari sana, teknisi bisa menyarankan lebih baik membeli kompor baru atau kompor bisa tetap digunakan.


2. Kulkas
Jika kulkas Anda terendam banjir hanya pada bagian kaki-kaki kulkas, Anda bisa memeriksa sistem pendingin kompresor di bagian bawah dan belakang kulkas.

Anda harus memastikan bahwa sistem tersebut tersegel dalam kondisi yang baik. Disarankan memeriksa semua kontrol listrik termasuk termostat, kunci pengaman hingga penghitung waktu pencairan es.

Namun, apabila kulkas Ada terendam air seluruhnya, Anda berpotensi perlu mengganti kulkas. Sebab insulasi bisa basah apabila kulkas tenggelam dalam air. Insulasi ini juga sulit dibenarkan tanpa merusak rak-rak di kulkas.

Insulasi juga akan mengering dengan lambat karena dinding di kulkas dingin saat alat menyala. Pemanas Mullion di beberapa kulkas untuk menghilangkan kondensasi juga menjadi masalah tambahan karena bisa menyebabkan sengatan listrik.

Pengeringan yang lambat dari insulasi di kulkas bisa membentuk pertumbuhan bakteri pada kulkas akibat rendaman air.


3. Mesin Cuci dan Pengering
Sama seperti perabotan lain, Anda harus membersihkan mesin cuci dan pengering dengan disinfektan. Kemudian perlu pula memanggil teknisi untuk memeriksa seluruh sambungan listrik di mesin cuci dan pengering.

Pastikan mesin cuci tercabut dari sambungan listrik untuk menghindari sengatan listrik.

[Gambas:Video CNN]
4. Perabotan dan Furnitur Elektronik
Pertama-tama Anda harus mencabut, membersihkan, mengeringkan dan mendisinfeksi seluruh perabotan dan furnitur elektronik seperti setrika, oven, televisi, hingga pengering rambut.

Periksalah dengan cermat untuk apakah akan memperbaiki atau menggantinya. Dalam beberapa kasus, alat bisa digunakan dengan mengeringkan seluruh bagian, patut diingat jangan sampai alat digunakan sebelum benar-benar kering. Biarkan waktu pengeringan yang lama sebelum dinyalakan.

(jnp/lav)