Tips Otomotif

Asal Tak Tergores, Kaca Film Korban Banjir Masih Layak Pakai

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 07/01/2020 19:20 WIB
Kaca film mobil merupakan aksesori penunjang penampilan mobil yang tak mudah rusak bila terendam air akibat banjir. Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma
Jakarta, CNN Indonesia -- Kaca film mobil didesain untuk waktu cukup lama hingga usianya tahunan. Pemilik kendaraan tidak perlu khawatir air akibat banjir bisa merusak kaca film mobil.

GM Sales dan Marketing Global Auto International (GAI) sebagai pemegang merek kaca film ICE-µ dan distributor tunggal System X Ceramic Andi Hartono mengatakan kaca film merupakan aksesori yang tak mudah rusak. Kaca film yang terdampak banjir cukup dibersihkan dan masih bisa digunakan.

Menurutnya, setelah banjir surut, bagian kaca film bisa dibersihkan dengan cara membilasnya menggunakan air bersih. Setelah itu gunakan sampo untuk menghapus noda menempel pada kaca film dan kembali bilas dengan air, kemudian keringkan dengan lap bersih.


"[Kaca film mobil] Tidak akan rusak walau mobil terendam banjir. Kaca film juga sudah ada antigores dan baretnya. Jadi cukup dibilas dengan air bersih," kata Andi di fasilitas training center dan workshop GAI kawasan Cakung Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (7/1).

Dijelaskan Andi, kaca film bakal rusak bila terkena goresan benda tajam. Pemilik yang mendapat kaca film rusak sebaiknya mengganti lapisan film dengan yang baru. Sebab sobekan akan melebar jika dibiarkan untuk waktu lama.

"Kaca film rusak karena benda tajam, itu ibaratnya luka bisa rusak," ucap Andi.

[Gambas:Video CNN]

Andi menambahkan kerusakan pada kaca film biasanya disebabkan oleh pengguna yang membiarkan mobilnya terendam air dengan jangka waktu lama. Dalam kondisi itu sifat perekat film bisa berkurang hingga akhirnya terkelupas.

"Biasanya kalau terendam lama mungkin iya jadi lepas. Karena memasang kaca film gunakan lem," tutup Andi. (ryh/mik)