Huawei Nova 5T, Kamera Jago Tapi Bersaing Ketat soal Performa

CNN Indonesia | Selasa, 14/01/2020 12:17 WIB
Huawei Nova 5T (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Huawei Nova 5T merupakan ponsel kelas menengah yang digadang-gadang punya rasa kelas atas (high-end). Meski tidak diterangkan dengan jelas mengapa Huawei mengklaim ponsel ini sebagai ponsel rasa flagship saat peluncurannya September lalu. 

Pasalnya, jika merujuk pada kemampuan chipset, diatas kertas Kirin 980 masih kalah dari snapdragon 730. Apalagi Xiaomi baru saja meluncurkan Mi Note 10 Pro yang ditenagai oleh chipset anyar Snapdragon 730G yang dibanderol di harga yang sama, Rp6,9 juta.

Belum lagi serbuan ponsel dengan chipset Snapdragon 845 plus yang banyak meluncur pada akhir tahun lalu. Sebab ponsel-ponsel dengan chipset anyar itu dibanderol dengan harga yang tak jauh dari perangkat Huawei ini. 


Namun, kemampuan kamera mungkin bisa jadi salah satu faktor yang diandalkan pada ponsel ini. Sebab, sesuai dengan target pasar yang akan disasar, Huawei memang menyajikan ponsel ini buat para penggemar foto.

Kekhawatiran lain ketika membeli perangkat Huawei adalah soal ketersediaan akses ke Google Play Store. Pasalnya, tensi tinggi antara China-Amerika Serikat, ikut membawa-bawa Huawei terseret dalam pusaran ketegangan kedua negara.

Ujung-ujungnya, AS memboikot perusahaan AS untuk bekerjasama dengan Huawei. Sehingga mengancam ketersediaan Google Play Store yang merupakan besutan Google asal AS. Namun, ternyata Nova 5T termasuk salah satu perangkat yang beruntung, karena masih bisa mengakses Google Play Store.

Desain & Layar
Huawei Nova 5TLayar ponsel menggunakan panel LED (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)

Membahas soal desain, bodi Huawei Nova 5T terbilang cukup mungil dengan ketebalan 7,87 mm dan berat 174 gram. Huawei mengusung layar LCD 6,26 inci FHD+ dengan rasio layar 91,7 persen.

Uniknya, sensor sidik jari terletak pada tombol daya. Karena ukuran yang kecil, ponsel sangat nyaman dioperasikan menggunakan satu tangan.

Huawei menaruh kalimat 'nova' di seluruh punggung ponsel. Menurut saya, terobosan perusahaan ini menarik, ditambah gradasi warna ungu-biru yang menambah 'kemewahan' tampilan.

Selain itu, perusahaan juga menyematkan empat kamera belakang dan satu kamera swafoto.
Huawei Nova 5TBagian sampul yang dihiasi gradasi warna biru ungu. Sampul depan dan belakang ponsel ini menggunakan kaca. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)

[Gambas:Video CNN]

Sayangnya, audio jack 3.5 mm menghilang pada smartphone kelas menengah. Yang bisa menyulitkan adalah jika earphone bawaan rusak, Anda harus membeli yang sejenis.

Nova 5T juga mengandalkan port USB type-C. Namun ponsel tidak memberikan dukungan memori tambahan, hal ini dapat dilihat dari desain sim tray yang hanya memiliki dua spot untuk kartu SIM.

Bagi Anda yang membutuhkan fitur NFC pada ponsel, Nova 5T bisa jadi pilihan untuk Anda.

Empat Kamera, Performa, dan Kesimpulan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2