Tips Tekno

Cara Cegah Atasi Auto Like Macam Facebook Anies Baswedan

CNN Indonesia | Selasa, 14/01/2020 14:48 WIB
Cara Cegah Atasi Auto Like Macam Facebook Anies Baswedan Ilustrasi autolike Facebook. (Foto: CNN Indonesia/Susetyo Dwi Prihadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Baru-baru ini media sosial dipenuhi oleh keluh kesah para pengguna Facebook yang mengaku akunnya secara otomatis memberi tanda 'like' (suka) pada fanpage Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Padahal pemilik akun tak pernah merasa memberikan tanda jempol di fanpage tersebut.

Pengamat Keamanan Siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya memberikan beberapa tips untuk mencegah like otomatis di akun Facebook.


1. Periksa Activity Log (Log Aktivitas)

Hal pertama yang bisa dilakukan apabila akun sudah terlanjur menyukai akun pengguna adalah mengecek bagian Activity Log.

Alfons mengatakan pengecekan dilakukan apabila pengguna penasaran ingin mengetahui kapan akun pengguna 'like' fanpage Facebook.

Untuk diingat, Log Aktivitas adalah sebuah fitur yang menampung seluruh aktivitas pengguna di Facebook. Mungkin saja kita bisa mengingat-ingat kembali kapan menyukai fanpage. Bisa juga dengan mencocokkan apakah kita sedang menggunakan akun saat akun kita menyukai fanpage tersebut.

Aktivitas Facebook bisa dipantau melalui log aktivitas.Aktivitas Facebook bisa dipantau melalui log aktivitas. (Foto: Screenshot via Facebook.com)
Log Aktivitas bisa diakses di dalam profil pengguna, tombol Log Aktivitas berada di foto sampul di sebelah tombol edit profil. Di dalam Log Aktivitas, pengguna bisa langsung mencari fanpage atau segala aktivitas dalam kolom pencarian.

Dalam Log Aktivitas Anda bisa mengetahui seluruh unggahan, tagging foto, aktivitas 'like' hingga segala aktivitas komentar di Facebook.

Alfons juga menyarankan agar pengguna membuka semua aktivitasnya dengan menggulung (scroll) ke bawah. Kemudian pengguna bisa menggunakan fitur pencarian dari browser dengan menekan 'Ctrl' dan 'F'. Kemudian pengguna ketikan kata kunci yang ingin diketahui.

[Gambas:Video CNN]

2. Cek Aplikasi dan Situs Yang Terkoneksi Ke Facebook

Alfons mengatakan terdapat beberapa aplikasi Autolike yang memalsukan diri sebagai aplikasi dari perusahaan besar. Oleh karena itu, Aflons meminta agar pengguna meneliti semua aplikasi yang terinstal di Facebook Apps.

"Jika ada yang mencurigakan atau tidak anda inginkan, segera hapus," ujar Alfons.

Anda bisa mengecek seluruh aplikasi dan situs yang terkoneksi dengan akun Facebook di dalam pengaturan. Dari pengaturan, anda kemudian pilih 'Aplikasi dan Situs Web'.

Dari situ Anda bisa melihat seluruh aplikasi dan situs yang aktif, maupun yang sudah kedaluwarsa dan dihapus.

3. Instal Anti Virus

Alfons mengatakan malware juga bisa menjadi salah satu penyebab akun bisa melakukan like atau posting secara otomatis di Facebook. Tak hanya itu, Malware juga bisa mengumpulkan informasi hingga aktivitas pengguna.

Oleh karena itu, Alfons menyarankan agar pengguna juga turut memasang anti virus .

"Malware adalah aplikasi jahat yang diciptakan guna menyalahgunakan hak akses yang dimiliki oleh perangkat komputer atau akun online anda, misalnya akun Facebook," ujar Alfons.

Alfons mengatakan ciri-ciri akun Facebook yang terinfeksi Malware adalah akun pengguna sering melakukan posting spam atau mengirimkan pesan yang tidak anda ketahui atau inginkan. (jnp/mik)