Tips Otomotif

Trik Aman untuk Wanita saat Jadi Penumpang Ojol

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Minggu, 19/01/2020 20:20 WIB
Trik Aman untuk Wanita saat Jadi Penumpang Ojol Wanita penumpang sepeda motor ojek online disarankan menghadap ke depan dan memegang pinggang pengendara motor untuk menjaga keseimbangan. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penumpang sepeda motor ojek online (ojol) dianjurkan menghadap ke depan dan memegang pinggang pengendara serta menjaga jarak agar tidak terlalu jauh dengan pengendara motor.

Namun posisi duduk seperti ini bagi sebagian penumpang wanita akan risih, terlebih pengendara bukan muhrim dan bukan pasangan.

Praktisi keselamatan Jakarta Devensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Palubuhu mengatakan punya triknya. Jika penumpang perempuan enggan memegang pinggang bisa dengan menempelkan kedua lutut bagian dalam ke pinggul pengendara motor.


"Kalau orang [penumpang] yang tidak melekat (dengan pengendara motor) benar akan goyang. Itu goyangnya penumpang malah bisa [menimbulkan] pengemudi hilang kendali," kata Jusri saat dihubungi, Jumat (17/1).

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jarak dengan pengemudi. Wanita penumpang motor disarankan duduk tidak terlalu ke belakang yang bisa memengaruhi kestabilan motor. Bila posisi itu dirasa paling nyaman, coba dengan memegang breket di samping atau belakang, dan jangan lupa menempelkan lutut ke pinggul pengendara motor.

[Gambas:Video CNN]

Dalam posisi itu coba kurangi gerakan berlebihan yang berpotensi mengacaukan keseimbangan pengemudi ojol.

Dijelaskan Jusri posisi penumpang motor menghadap ke depan adalah paling ideal, sebab bisa mengikuti gerak pengendara. Posisi duduk yang kurang ideal adalah menghadap ke samping.

Menurut Jusri penumpang yang duduk menyamping membuat pengendalian motor jadi lebih sulit dan lebih berisiko kecelakaan.

"Duduk menghadap searah dengan pengemudi juga membuat kita [penumpang] meletakkan kedua kaki di footsteps motor. Ini lebih nyaman," ucap Jusri.

Dalam kampanye keselamatan berkendara, wanita penumpang ojek online juga disarankan memperhatikan pakaian. Hindari pakaian menjuntai ke bawah seperti selendang atau rok panjang, dikhawatirkan bisa terlilit gir sepeda motor. (ryh/mik)