Indomobil Bicara Kemungkinan Merakit Kia di Indonesia

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 21/01/2020 10:30 WIB
Indomobil Bicara Kemungkinan Merakit Kia di Indonesia Interior Kia Seltos. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kreta Indo Artha (KIA) selaku pemegang merek Kia di Indonesia bicara peluang untuk merakit Kia di Indonesia. Perusahaan fokus mengembangkan merek Kia di Tanah Air.

"Merakit lokal itu tergantung ekonomi of scale, volume, penjualan, makin banyak penjualan juga nggak bagus kalo kami impor terus, mau tidak mau pasti kami juga harus ngerakit di sini. Jadi ya tergantung penjualan ke depan," kata Marketing & Development Division Head KIA Ario Soerjo di sela-sela peluncuran Seltos di Jakarta, Senin (20/1).

Menurut Suryo perusahaan terus memperhitungkan dengan matang untuk merakit Kia di dalam negeri. Bila ada potensi dirakit di Indonesia, besar kemungkinan bisa menggunakan pabrik perakitan Indomobil atau anak usahanya.


"[Anak usaha] Indomobil sudah punya beberapa pabrik perakitan yang bisa diutilisasi kalau nanti sampai ada keperluan ke sana," ucap Soerjo.

Seperti diketahui, anak perusahaan di bawah Indomobil Group yang memiliki pabrik, yaitu Nissan, Hino, Suzuki.

Kia, dijelaskan Soerjo besar kemungkinan tidak akan memanfaatkan fasilitas produksi Hyundai di Cikarang, meski di global kedua merek itu 'saudara'.

[Gambas:Video CNN]

Beberapa waktu lalu Hyundai Motor Company (HMC) menanamkan investasi mencapai Rp21,8 triliun untuk membangun pabrik perakitan mobil dengan menggunakan skema Penanaman Modal Asing (PMA).

Masuknya HMC ke Indonesia sekaligus mengumumkan perusahaan baru, yaitu Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) mulai tahun ini hingga 2030.

Jauh sebelum rencana Hyundai merakit mobil di Indonesia, Kia pernah dirakit di PT National Assemblers, Pulo Gadung beberapa waktu silam. Namun perakitan Kia di Tanah Air dihentikan imbas kerja sama Korea dan Asean yang berujung impor CBU dari Korea ke Indonesia lebih 'murah'.

Presiden Direktur Indomobil Sukses Internasional Jusak Kertowidjojo yang ditemui di lokasi sama juga tidak mau berkomentar soal investasi Hyundai dan ada hubungannya dengan Kia di Indonesia.

"Saya bukan di posisi untuk menjelaskan soal itu," ucap Jusak singkat. (ryh/mik)