Daftar 17 Hoaks Virus Corona Terbaru, Bertambah Jadi 36

CNN Indonesia | Jumat, 31/01/2020 20:03 WIB
Sampai hari ini, Jumat (31/1), sudah ada 36 total hoaks soal virus corona novel China yang berhasil dihimpun Kemenkominfo. Ilustrasi hoaks virus corona. (Dok. Istimewa)
Sebuah akun Youtube diketahui telah membagi salah satu video yang diklaim sebagai video suasana sebuah rumah sakit di Wuhan, Cina, pada 26 Januari 2020. Dijelaskan pula bahwa korban yang meninggal dunia akibat virus corona telah mencapai lebih dari sepuluh ribu orang dan tidak terurus.

Faktanya, klaim bahwa korban tewas di Wuhan, Cina, akibat virus corona mencapai sepuluh ribu orang merupakan klaim yang menyesatkan.

14. Seorang Pasien Terpapar Virus Corona di Rumah Sakit Siloam Jember


Beredar sebuah pesan berantai lewat layanan pesan instan WhatsApp yang berisi ada seorang pasien terpapar virus corona di RS Siloam Jember, Jawa Timur.

Faktanya, Kepala Divisi Pengembangan Bisnis RS Siloam Jember, dr I. Bayu Angga Dewa menjelaskan bahwa sempat terdapat pasien dengan ciri-ciri terpapar virus corona. Namun setelah dilakukan perawatan, pasien tersebut tidak terbukti terpapar virus corona.

15. Diduga Terjangkit Virus Corona, Satu Pasien RS Doris Sylvanus Diisolasi

Kepala Divisi Pengembangan Bisnis RS Siloam Jember, dr I. Bayu Angga Dewa menjelaskan bahwa sempat terdapat pasien dengan ciri-ciri terpapar virus corona. Namun setelah dilakukan perawatan, pasien tersebut tidak terbukti terpapar virus corona.

Faktanya, foto yang beredar merupakan foto simulasi penanganan pasien terindikasi virus corona sebagai upaya antisipasi dan kesiapan RSUD Doris dalam menghadapi virus corona di Kalimantan Tengah.


16. Foto Mayat Bergelimpangan di Jalanan Kota Wuhan yang Disebut Korban Virus Corona

Beredar pesan berantai di WhatsApp sebuah foto mayat yang bergelimpangan di jalanan kota Wuhan yang diklaim korban terjangkit virus corona, dengan tambahan keterangan bahwa foto tersebut diambil dari satelit.

Faktanya,  foto tersebut diambil pada 25 Maret 2014 yang tengah melakukan aksi mengenang 528 korban pembantaian Nazi di Katzbach, Jerman.

17. Jokowi: Virus Corona Minum Bodrex 5 Menit Langsung Sembuh

Beredar postingan yang berisi informasi pernyataan "Jokowi:Virus corona minum bodrex 5 menit langsung sembuh".

Setelah ditelusuri, ditemukan fakta bahwa tidak ditemui berita dengan judul "Jokowi: Virus corona minum bodrex 5 menit langsung sembuh". Sementara bodrex sendiri adalah obat analgesik untuk mengobati sakit kepala, demam, flu, nyeri haid, sakit gigi dan nyeri sendi.

Umumnya, di dalam tiap tablet bodrex terdapat kandungan Paracetamol, Phenylephrine HCl, dan Dextromethorphan bukan obat untuk virus corona.

(din/DAL)
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK