Anies Sebut Risiko Corona di KRL, Berikut Biaya Alternatifnya

CNN Indonesia | Jumat, 13/03/2020 17:56 WIB
Bila dibandingkan alat transportasi lain, menggunakan KRL lebih cepat dan relatif lebih murah. Warga menunggu KRL di Stasiun Bojong Gede, Cibinong, Jakarta Barat, Selasa (25/2/2019). (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kereta rel listrik (KRL) disebut Gubernur Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki risiko besar kontaminasi wabah corona (Covid-19). Setiap hari jutaan warga memilih alat transportasi ini untuk mobilisasi dan buat sebagian mungkin tidak ada pilihan lain.

Mengingat wabah Covid-19 semakin meluas di dalam negeri, memilih alternatif transportasi selain KRL bisa dilakukan sebagian masyarakat. Misalnya, masyarakat bisa menggunakan angkutan kota (Angkot) atau transportasi berbasis aplikasi.

Masing-masing alat transportasi itu punya kelebihan dan kekurangan. CNNIndonesia.com membuat perbandingan perjalanan menggunakan KRL, Angkot, dan ojek online berdasarkan rute Stadion Merpati, Depok, Jawa Barat menuju Stasiun Pasar Minggu yang sejauh sekitar 18 km.



KRL

Stasiun terdekat adalah Depok Baru yang bisa dicapai menggunakan angkot dengan tarif Rp4.000 - Rp5.000 atau ojek online Rp11 ribu. Selain itu bisa juga disambangi dengan sepeda motor pribadi dengan biaya parkir sekitar Rp5.000 - Rp7.000.

Waktu tempuh dari Stadion Merpati ke Stasiun Depok tidak terlalu lama, hanya sekitar delapan menit (motor) dan 10 menit (menggunakan angkot).

Dari stasiun Depok Baru menuju Pasar Minggu bisa menggunakan kereta jurusan mana saja yang tersedia, yakni Jakarta Kota atau Angke. Tarif KRL Stasiun Depok- Pasar Minggu Rp3 ribu dengan waktu tempuh sekitar 25 menit.

Biaya yang dibutuhkan mulai Rp8.000 hingga Rp14 ribu, sedangkan total waktu yang dihabiskan sekitar 35 menit.


Angkot

Jika memilih menggunakan angkot setidaknya kita harus naik turun sebanyak dua kali. Perjalanan pertama menumpangi angkot jurusan Terminal Depok dari Stadion Merpati dengan tarif Rp4000 - Rp5000, lalu turun di depan terminal Jalan Margonda Raya. Setelah itu kita pilih angkot 04 jurusan Depok-Pasar Minggu dari depan terminal.

Kita bisa juga menumpangi angkot jurusan stasiun, namun harus berjalan kaki setelahnya sekitar 500 meter ke Jalan Margonda menunggu angkot 04 ke Pasar Minggu.

Naik angkot ke Pasar Minggu lumayan memakan waktu lantaran bakal menemukan beberapa titik kemacetan seperti di ruas Jalan Margonda (di depan Detos dan Gunadarma), Jalan Lenteng Agung (tepatnya di depan putaran IISIP karena ada pembangunan) dan di ruas Jalan Tanjung Barat mengarah ke Pasar Minggu karena juga ada pembangunan.

Total waktu tempuh sampai Stasiun Pasar Minggu diperkirakan sekitar 1 jam 20 menit dengan biaya Rp8.000.

[Gambas:Video CNN]


Ojol

Menggunakan ojol jauh lebih praktis, namun kompensasinya adalah biaya lebih mahal. Biaya yang dibutuhkan sekitar Rp44 ribu dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. (ryh/fea)