Rempah untuk Kesehatan Paru yang Bisa Didapat di GrabHealth

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 30/03/2020 12:08 WIB
Di tengah pandemi Covid-19 yang menyerang pernapasan, tingkatkan kesehatan organ paru-paru Anda dengan 5 tanaman obat alami. Ilustrasi habatussauda atau jintan hitam yang bermanfaat untuk meredakan asma dan gangguan pernapasan (Foto: Istockphoto/ Bhofack2)
Jakarta, CNN Indonesia -- Paru-paru adalah salah satu organ tubuh yang bekerja tanpa henti. Namun kesehatan paru-paru seringkali diabaikan. Padahal ketika sistem pernapasan Anda tidak bekerja dengan benar, fungsi otak dan organ-organ vital lainnya dapat terganggu.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang menyerang sistem pernapasan. Hal ini menjadi penting untuk memperhatikan kesehatan paru-paru.

Selain menerapkan hidup sehat dan berhenti merokok, terdapat 5 tanaman obat alami yang bisa memperbaiki sistem pernapasan dan meningkatkan kesehatan paru, sebagai berikut.


1. Habbatussauda
Habbatussauda atau jintan hitam adalah salah satu tanaman herbal yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya penyakit pernapasan. Habbatussauda pertama kali diteliti oleh Ibnu Sina sebagai pengobatan alternatif untuk sesak napas karena asma.


Selain dapat meredakan asma, habbatussauda bisa mengurangi alergi, batuk, bronkitis, emfisema, flu, bahkan flu babi. Kegunaan lain termasuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, mengobati kanker, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Eucalyptus
Tanaman sejenis cemara ini banyak dimanfaatkan sebagai obat. Meskipun berasal dari Australia, eucalyptus atau kayu putih kini telah banyak dibudidayakan di dunia.

Eucalyptus memiliki kandungan antibakteri, antivirus, dan anti-inflamasi yang efektif meredakan infeksi pernapasan, sinusitis, serta dapat mencegah bronkitis jika dikombinasikan dengan dua minyak esensial lainnya yang mengandung komponen kapur dan pinus. Inilah alasannya banyak obat batuk mengandung ekstrak tanaman kayu putih.

3. Jahe
Jahe telah digunakan selama 2.500 tahun sebagai alternatif obat. Jahe membantu mengencerkan lendir, meningkatkan sirkulasi udara ke paru-paru, dan mengurangi peradangan.

Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang membantu menghilangkan racun dari saluran pernapasan. Bahkan ekstrak jahe dapat membunuh sel kanker paru-paru.

4. Licorice
Licorice atau akar manis direkomendasikan untuk mengobati dan membersihkan sistem pernapasan. Mengonsumsi licorice dapat memperlambat perkembangan penyakit bronkitis pada penderita paru obstruktif kronik (PPOK).

Menurut studi Chung Shan Medical University di Taiwan, asam glycyrrhizic, asiatic, dan oleanolic yang ditemukan dalam akar licorice memiliki efek antioksidan yang melindungi sel-sel di bronkus di paru-paru.

5. Peppermint
Peppermint telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati pencernaan dan mengatasi masalah pernapasan. Peppermint mengandung banyak sifat antioksidan, antibakteri, dan antijamur sehingga berguna untuk mengobati asma, bronkitis, pilek, batuk, serta mengencerkan dahak.

Itulah 5 rempah yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan paru-paru. Jika Anda bingung mencari bahan herbal di atas, carilah alternatif lain dalam bentuk multivitamin yang mengandung tanaman obat habatussauda, eucalyptus, jahe, licorice, dan peppermint.

Apabila Anda memiliki masalah seputar kesehatan, tanyakan beragam keluhan (telekonsultasi) pada dokter profesional sekaligus bisa beli multivitamin di layanan beli produk kesehatan GrabHealth.
(fef)