Cara Cek Hasil Foto Antariksa NASA Sesuai Tanggal Lahir

CNN Indonesia | Jumat, 03/04/2020 06:37 WIB
Berikut cara untuk cek tampilan foto antariksa yang berhasil ditangkap oleh teleskop Hubble milik NASA pada tanggal lahir pengguna. Hasil salah satu tangkapan telekskop Hubble NASA (dok. NASA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perbincangan soal NASA dan Hubble 30 menjadi perbincangan warganet. Mereka ramai mengeposkan foto yang berhasil ditangkap oleh teleskop Hubble 30 pada tanggal kelahiran mereka.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, tagar #Hubble30 sempat berada di posisi ke enam tranding di Indonesia. Tagar #NASA yang berisi foto hasil jepretan teleskop Hubble juga berada di urutan enam trending di Indonesia.

Beberapa netizen memamerkan foto-foto yang ditangkap teleskop itu pada kelahiran mereka.








Mereka juga mengeposkan tangkapan Hubble dari tanggal lahir idola mereka.



Untuk mendapatkan gambar-gambar ini, pengguna bisa mengunjungi situs yang disediakan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) https://www.nasa.gov/content/goddard/what-did-hubble-see-on-your-birthday.

Setelah terbuka, klik > Your Birthday Image dan pilih bulan dan tanggal sesuai ulang tahun atau yang diinginkan.

Beberapa saat setelah memilih, situs itu akan menampilkan sebuah gambar berikut dengan keterangan informasi atas gambar yang ditampilkan. Misalnya pada tanggal 18 Mei, situs itu langsung menampilkan foto planet Jupiter yang diambil teleskop Hubble pada 18 Mei 1994.
 
Dalam keteranganya, foto planet Jupiter itu diambil saat berjarak 420 juta mil dari bumi. Nasa juga secara rinci memberi tahu bahwa ada bintik gelap pada foto Jupiter yang diketahui merupakan bayangan bulan.

Situs ini diluncurkan untuk merayakan 30 tahun beroperasinya teleskop ruang angkasa Hubble. NASA akan menampilkan gambar kosmik yang pernah diambil oleh teleskop Hubble sesuai tanggal dan bulan yang dipilih.
 
Dalam situs resmi, NASA menyatakan teleskop Hubble menjelajahi alam semesta selama setiap hari tanpa henti. NASA mengatakan hal itu membuat teleskop Hubble mengamati beberapa keajaiban kosmik yang menarik setiap hari sepanjang tahun, termasuk pada hari ulang tahun pengunjung situs.
 
 NASA mengatakan semua orang bisa menikmati fitur tersebut. Bahkan mereka menyarankan untuk mempublikasikan hasil foto dari teleskop Hubble di media sosial dengan menyertakan tagar #Hubble30.
 
Khusus pengguna Firefox, NASA meminta untuk mematikan pemblokiran konten bagi situsnya di bagian pengaturan privasi browser agar bisa dengan mudah membagikan gambar di media sosial.

[Gambas:Video CNN]


(jps/eks)