TIPS TEKNOLOGI

Cara Mengetik Pakai Suara dengan Aplikasi Google Keyboard

CNN Indonesia | Senin, 04/05/2020 11:05 WIB
Melanjutkan usaha Google untuk membantu masyarakat Indonesia memaksimalkan potensi Internet, hari ini teknologi voice input (masukan suara) resmi diluncurkan dalam bahasa Jawa dan Sunda. Bekerjasama dengan beberapa universitas lokal seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Pendidikan Indonesia, mulai hari ini Anda dapat berbicara dalam bahasa Jawa dan Sunda saat menggunakan aplikasi Google App (), aplikasi Google Translate serta aplikasi keyboard pintar Gboard di Android. Ilustrasi aplikasi Gboard. (Courtesy of Google)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gboard (Google Keyboard), aplikasi papan ketik virtual Google disebut mampu menawarkan kemampuan untuk mengetik menggunakan suara (voice). Fitur itu kompatibel dengan hampir semua aplikasi perpesanan.

Pengguna dapat dengan mudah mengaktifkan pengetikan suara di Gboard selama memiliki aplikasi pengetikan yang ditetapkan sebagai keyboard utama.

Melansir Business Insider, ucapan-ke-teks adalah fitur aksesibilitas yang bermanfaat bagi mereka yang cenderung kurang suka mengetik di ponsel atau perangkat seluler dengan layar kecil lainnya. Gboard adalah salah fitur satu papan ketik yang akan merekam ucapan dalam bentuk teks yang kemudian dapat dikirim ke kontak Anda.


Sebelum memulai, Anda harus memastikan bahwa Gboard telah diinstal dan ditetapkan sebagai keyboard utama saat ini. Setelah mendapatkan Gboard sebagai keyboard utama, ikuti langkah-langkah di bawah ini.


Pertama, buka aplikasi perpesanan pilihan Anda misalnya Facebook Messenger. Gboard bekerja dengan hampir semua aplikasi perpesanan yang ada.

Setelah membukan Facebook Messenger, ketuk orang yang ingin Anda kirimi pesan. Jika Gboard tidak terbuka secara otomatis, ketuk di area di mana Anda biasanya mengetik teks.

Kemudian, ketuk dan tahan pada ikon mikrofon yang terletak di bagian atas Gboard. Saat Anda melepaskan jari dari ikon mikrofon, Anda akan melihat teks bertuliskan 'Bicara sekarang'.

Ketika Anda melihat teks itu, ucapkan pesan yang ingin Anda kirim ke perangkat seluler Anda. Tekahir, ketuk ikon panah untuk mengirim pesan seperti biasa di aplikasi perpesanan yang Anda pilih.


Melansir PC Mag, Gboard untuk iOS bisa diunduh melalui App Store Apple atau untuk perangkat Android dari Google Play. Namun, Gboard versi Android menawarkan beberapa kejutan yang tidak ditemukan di iOS.

Tak hanya merubah suara menjadi teks, Gboard menawarkan sejumlah manfaat di atas papan ketik standar. Anda dapat mencari dan berbagi apa pun dari Google, termasuk tautan ke laporan berita, ramalan cuaca, dan skor olahraga.

Memburu dan menyisipkan emoji dan GIF ke dalam pesan teks Anda juga bisa dilakukan lewat Gboard. Ketik lebih cepat dengan menggeser jari Anda dari satu karakter ke yang berikutnya dan menggunakan fitur terjemahan untuk menerjemahkan teks yang Anda ketikkan ke bahasa lain.

(jps/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK