Bulan, Jupiter dan Saturnus Akan Tampak Berjejer di Langit RI

CNN Indonesia | Rabu, 13/05/2020 06:24 WIB
bintang kejora, venus, jupiter langit malam Ilustrasi bulan dan benda langit berdekatan. (Screenshot via web Nasa.gov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga benda langit yaitu Bulan, Jupiter, dan Saturnus saling bertemu satu sama lain. Selama beberapa hari ke depan, Bulan bakal bergerak ke arah timur sedari pagi.

Fenomena ini terjadi pada Selasa (12/5). Saat itu, Bulan berada pada konstelasi Sagitarius bersamaan dengan Jupiter. Lalu, pada Rabu (13/5), Bulan akan berada di rasi bintang Capricorn di mana planet Saturnus tengah menetap.

Kemudian pada Jumat (15/5) pagi, Bulan akan berada di tempat planet Mars yaitu di rasi bintang Aquarius, seperti dikutip Space.com.


Jupiter akan sejajar dengan Bulan. Artinya akan memiliki garis bujur langit yang sama pada Jumat pukul 05:41 waktu New York, AS. Kemudian, Bulan akan mengarah ke selatan Jupiter sebesar 2,25 derajat.

Saturnus juga ikut beriringan dengan Bulan, namun tidak sampai pukul 02:11 dini hari. Kedekatan mereka bakal jelas terlihat karena Bulan akan berada 2,6 derajat di selatan Saturnus.

Menurut laman In The Sky Org, di langit Jakarta, ketiga benda langit tersebut mulai terlihat pukul 22:50 WIB ketika berada di ketinggian tujuh derajat.

Kemudian mereka akan mencapai titik tertinggi pukul 04:39 WIB (tanggal 13 Mei subuh) dan akan menghilang saat terjadinya fajar sekitar pukul 05:41 WIB. Tak sampai di situ, pada Senin (18/5) mendatang, Jupiter dan Saturnus akan kembali berdekatan.

Jupiter dan Saturnus akan mulai terlihat pukul 22:46 WIB dan mencapai titik tertinggi yaitu 76 derajat pada bagian selatan cakrawala pukul 04:25 WIB (19 Mei subuh).

Lalu keduanya akan menghilang pukul 05:40 WIB pada ketinggian 67 derajat barat daya.

Ketua Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin pun mengkonfirmasi fenomena benda langit tersebut.

Ia menyebut pada 12-13 Mei 2020, posisi bulan akan mendekat ke planet Saturnus dan Jupiter.

"Malam 12-13 Mei, posisi bulan dekat Saturnus dan Jupiter. Dini hari tanggal 15 Mei, posisi Bulan dekat Mars," kata Thomas saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (12/5).

(din/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK